DPR : Edukasi Pencegahan Demam Berdarah Harus Masif

Anggota Komisi IX DPR Adang Sudrajat mengatakan, ada dua hal utama yang perlu diwaspadai menghadapi musim hujan yang sangat intens, yakni dampak fisik dan dampak biologis.
Dewi Aminatuz Zuhriyah
Dewi Aminatuz Zuhriyah - Bisnis.com 12 Maret 2019  |  13:05 WIB
DPR : Edukasi Pencegahan Demam Berdarah Harus Masif
Fogging - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--  Anggota Komisi IX DPR Adang Sudrajat mengatakan, ada dua hal utama yang perlu diwaspadai menghadapi musim hujan yang sangat intens, yakni  dampak fisik dan dampak biologis.

Dalam hal ini dia menjelaskan dampak fisik yaitu terkait bencana banjir dan longsor, sedangkan dampak biologis adalah munculnya wabah penyakit, terutama demam berdarah.

Oleh karenanya, edukasi pencegahan penyakit demam berdarah harus masif dilakukan saat musim penghujan.

“Saya mengingatkan pada kita semua, bahwa demam berdarah ini perlu ada edukasi masif untuk pencegahannya. Karena ini sangat mudah menyebar pada suatu area sehingga kehidupan bermasyarakat dapat terganggu,” katanya, dalam keterangan resmi yang dikutip Selasa (12/3/2019).

Dia mengatakan sampai saat ini penyakit demam berdarah sudah mencapai 2.200 lebih kasus.

Dia berharap, masyarakat mampu teredukasi pada pencegahan serangan demam berdarah, sehingga meminialisir dampak terjadinya penyakit ini. Dia pun mengingatkan, setiap warga negara perlu menguatkan kewaspadaan.

Selain penguatan ideologi dengan menambah wawasan berbangsa dan bernegara, juga perlu pemahaman bagaimana cara berkehidupan yang sehat.

"Karena pada tubuh yang sehat, akan mendorong pada jiwa yang kuat. Untuk itu, pemerintah perlu mensinergikan antara sosialisasi ideologi dan pemahaman cara hidup yang sehat,” ujar Adang.

Selain itu, Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tetap meningkatkan wawasan dalam segala disiplin ilmu.

Terutama yang mampu memberikan kontribusi pada kestabilan keamanan dan kenyamanan warga dalam bermasyarakat. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dbd, demam berdarah

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top