Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Di Depan Siswa Sekolah, Jokowi Paparkan Rencana Program KIP Kuliah

Presiden Joko Widodo kembali memaparkan rencana pembuatan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi para mahasiswa.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 06 Maret 2019  |  16:36 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) saat penyerahan Kartu Indonesia Pintar dan Program Keluarga Harapan di Gor Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur, Kamis (8/3/2018). - ANTARA/Zabur Karuru
Presiden Joko Widodo (tengah) saat penyerahan Kartu Indonesia Pintar dan Program Keluarga Harapan di Gor Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur, Kamis (8/3/2018). - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo memaparkan rencana membuat program Kartu Indonesia Pintar Kuliah di depan para siswa sekolah penerima KIP di Jakarta Selatan.

Hal itu dilakukan Presiden ketika menghadiri acara pembagian 3.300 Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada siswa SD, SMP, dan SMA di SLB Negeri Pembina, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2019).

"Anak-anakku, saya beritahu ya, nanti ini kan Kartu Indonesia Pintar hanya untuk SD, SMP, SMA, SMK, nanti ke depan kita akan ada lagi KIP untuk kuliah," ujarnya.

Seperti diketahui, sejauh ini KIP baru diberikan oleh pemerintah untuk siswa SD, SMP, dan SMA atau SMK. KIP merupakan dana yang diberikan untuk siswa sekolah untuk membeli peralatan sekolah, seperti seragam, buku, atau sepatu.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga berpesan agar para siswa sekolah belajar yang rajin dan keras supaya bisa kuliah di akademi atau universitas.

"Yang paling penting, anak-anak harus berprestasi dan memiliki semangat belajar yang baik," ucapnya.

Dalam penjelasan sebelumnya, program KIP Kuliah merupakan perluasan dari program pendidikan pemerintah yang menyasar segmen mahasiswa. KIP Kuliah tersebut dapat digunakan untuk membayar pendidikan mahasiswa yang berkuliah di universitas dan politeknik, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

KIP Kuliah pertama kali diperkenalkan oleh Jokowi sebagai calon presiden (capres) ketika dirinya menyampaikan pidato "Optimis Indonesia Maju" di Sentul, Jawa Barat, Minggu (24/2).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Kartu Indonesia Pintar
Editor : Annisa Margrit

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top