KENAL DAPIL : Terjun di Dapil Riau II, Pembuktikan Kapitra Ampera di Kandang Golkar

Daerah Pemilihan Riau (Dapil) Riau II menjadi ajang persaingan bagi pengacara Kapitra Ampera untuk bisa melaju ke Senayan.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 27 Februari 2019  |  11:03 WIB

Kabar24.com, JAKARTA — Advokat Kapitra Ampera membuat manuver mengejutkan ketika masa pendaftaran calon anggota legislatif atau caleg dalam Pileg 2019.

Kuasa hukum pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab itu memutuskan menjadi caleg Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Keputusan tersebut disusul dengan predikat sebagai juru bicara pemenangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dalam kampanye Pilpres 2019.

Kapitra makin populer, tetapi dia tetap harus berusaha keras merebut kursi Senayan. Bertarung di Daerah Pemilihan Riau II, Kapitra satu medan tempur dengan petahana PDIP, Marsiaman Saragih.

Pada 2014, Marsiaman mendapatkan 26.650 suara di Dapil Riau II. Perolehan itu paling kecil dibandingkan dengan empat caleg terpilih lainnya.

Kuota Dapil Riau II akan bertambah menjadi enam kursi pada Pileg 2019. Partai Golkar sangat memburu satu kursi tambahan karena 5 tahun silam saja sudah mengumpulkan 312.708 suara, dua kali lipat dari empat parpol lain.

Meski demikian, metode bilangan pembagi pemilih (BPP) yang digunakan kala itu menghalangi Golkar merebut dua wakil. Golkar akan kembali mengandalkan petahana Idris Laena yang menjadi langganan anggota DPR dari Dapil Riau II.

Selain kursi bertambah, petarung di Dapil Riau II tidak perlu menghadapi Lukman Edy yang berpindah ke Dapil Riau I. Lima tahun silam, Edy meriah suara terbanyak kedua yakni 60.420 suara alias di bawah Idris Laena.

Siapa yang menjadi wakil dari Dapil Riau II?

PETAHANA DAPIL RIAU II 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Marsiaman Saragih 

Partai Golkar 

Idris Laena 

Partai Gerindra 

Nurzahedi 

Partai Demokrat 

Muhammad Nasir 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Mafirion 

PEMILIH DAPIL RIAU II 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Kampar 

475.435 

Indragiri Hilir 

465.257 

Indragiri Hulu 

287.003 

Kuantan Singingi 

224.898 

Pelalawan 

207.176 

Total 

1.659.769 

Sumber: KPU; diolah

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
daerah pemilihan, dapil

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top