Desy Ratnasari Doakan PAN Selalu Lolos ke DPR

Dalam survei LSI Denny JA, Partai Amanat Nasional (PAN) ditempatkan sebagai salah satu partai politik yang diprediksi tidak akan memenuhi parliamentary threshold (PT), atau ambang batas suara parlemen di pemilu 2019 sebesar 4%.
Yusran Yunus | 27 Februari 2019 10:58 WIB
Politisi PAN Desy Ratnasari (kanan) saat berbicara dalam diskusi bertemakan "Koalisi Bicara Pemilu, Jurdil dan Luber, Masih Adakah?" di Media Center Prabowo-Sandi, Selasa sore/Bisnis - Yusran Yunus

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam survei LSI Denny JA, Partai Amanat Nasional (PAN) ditempatkan sebagai salah satu partai politik yang diprediksi tidak akan memenuhi parliamentary threshold (PT), atau ambang batas suara parlemen di pemilu 2019 sebesar 4%.

Berdasarkan survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA misalnya, PAN tidak masuk dalam 7 parpol yang memenuhi PT yakni PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, PKB, Demokrat, NasDem dan PKS.

Sejumlah politikus PAN menyangsikan akurasi hasil survei LSI yang melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi tersebut.  Alasannya, meski selalu tidak masuk dalam survei selama pemilu di era reformasi, faktanya PAN selalu berhasil melenggang ke DPR RI.

"Begitulah yang terjadi, PAN selalu diposisikan tidak masuk ke DPR. Tetapi Alhamdulillah berkat kerja keras seluruh jajaran PAN dan tingginya kepercayaan publik, partai kami selalu memenuhi PT. Di Pemilu 2019 ini, Insya a Allah kami akan lolos juga," kata Politisi PAN, Desy Ratnasari kepada Bisnis, usai tampil sebagai pembicara dalam diskusi bertemakan "Koalisi Bicara Pemilu, Jurdil dan Luber, Masih Adakah?" di Media Center Prabowo-Sandi, Selasa(26/2/2019) sore.

Desy yang kini berjuang di Dapil IV Jawa Barat untuk lolos ke DPR menilai hasil survei yang tidak menempatkan PAN sebagai parpol yang memenuhi PT, patut dipertanyakan obyektifitasnya. Meski demikian, internal PAN menjadikan hasil survei itu menjadi pelecut semangat untuk terus menggenjot daya juang seluruh jajaran kepartaian di semua lini.

"Berdasarkan survei internal kami, elektabilitas PAN terus bergerak naik. Insha Allah akan memenuhi PT, kembali melanjutkan perjuangannya untuk rakyat melalui DPR," ujarnya.

Politikus PAN yang lain, Tubagus Dedi Suwendi Gumelar (Miing) mengamini pernyataan Dessy. Miing mencontohkan pada Pemilu 2014, hasil survei PAN disebutkan hanya mendapat 2,5% dan dinyatakan tidak memenuhi PT. Namun kenyataannya, berhasil mementahkan hasil survei dengan meraup suara sebesar 7%.

"Kami sudah hafal dengan cara-cara lembaga survei. Biarkan saja mereka melakukan survei berkali-kali, Dengan kerja keras dan konsisten menjalankan amanat rakyat, Insya  Allah PAN lolos ke DPR," tegasnya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
partai amanat nasional, Pileg 2019

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup