Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut Binsar Pandjaitan Jengkel dengan Tudingan Jokowi Berbohong

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan jengkel dengan tudingan yang menyebabkan Calon Presiden Joko Widodo melakukan kebohongan saat debat capres kedua.
Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Pandjaitan./Bisnis-Juli Etha Ramaida Manalu
Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Pandjaitan./Bisnis-Juli Etha Ramaida Manalu

Bisnis.com, JAKARTA-- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengaku jengkel kalau Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut berbohong. Luhut mengatakan dirinya tidak akan pernah menceritakan cerita bohong.

Luhut mengatakan hanya akan mengungkapkan apa yang dilihat dan rasakan, dan alami juga saat menjadi bagian dari proses pengambilan kebijakan-kebijakan di pemerintah. "Makanya saya jengkel kalau orang bilang presiden bohong. Bohong apanya? Saya di dalam, kok. Saya tahu, saya lihat," katanya di Gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Kamis, 21 Februari 2019.

Pernyataan Luhut tersebut menanggapi pelaporan Presiden Jokowi ke Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu oleh Eggi Sudjana bersama timnya.

Eggi Sudjana mewakili Aktivitas Koalisi Masyarakat Anti Hoaks melaporkan Jokowi dengan tuduhan telah menyebarkan berita bohong atau hoaks kepada masyarakat dalam acara debat pemilihan presiden kedua pada Ahad, 17 Februari 2019.

"Kami sepakat untuk melaporkan saudara Jokowi dalam perspektif hukum karena dia telah memberikan keterangan palsu," ujarnya di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat pada Selasa, 19 Februari 2019.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendukung calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, ini mengklaim pelaporannya ini mewakili rakyat yang ingin jujur. "Tidak boleh membohongi masyarakat," ucapnya.

Terkait pentingnya berbicara jujur, Luhut juga menceritakan pernyataannya dalam rapat pimpinan TNI Angkatan Darat sebelumnya. "Saya seniormu, saya sudah merasakan pahit getir pertempuran itu. Hampir semua palagan operasi saya ikut. Jadi tak akan saya khianati prajurit saya yang sudah mati," kata Luhut.

Oleh karena itu, menurut Luhut, tidak pantas ada orang yang berbohong dan tak mengakui sukses pemerintah. Hal tersebut disampaikannya dalam Rapat Kerja Nasional, Pusat dan Daerah, serta Launching Gerakan Indonesia Bersih.

Rapat Kerja Nasional dipimpin oleh Menteri Luhut itu dihadiri oleh Gubernur, Walikota, Bupati serta para Kepala Dinas Lingkungan Hidup di seluruh Indonesia. Dalam kesempatan itu, Luhut juga mengatakan pemerintah mengelola utang untuk hal yang produktif, seperti untuk infrastruktur dan dana desa.

Luhut juga meminta publik untuk tidak hanya lihat penggunaan utang untuk membangun infrastruktur, tapi juga ada pemanfaatan dana desa yang membuat negara makin bagus. "Sehingga gini ratio kita turun dari 0,41 ke 0,38, kemiskinan turun dari di atas 10%, jadi 9,6%," kata Luhut.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Rahayuningsih
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper