Presiden Jokowi Akui Sudah Kirim Surat Pengajuan Diri Jadi Calon Tuan Rumah Olimpiade 2032

Indonesia serius mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 20 Februari 2019  |  14:57 WIB
Presiden Jokowi Akui Sudah Kirim Surat Pengajuan Diri Jadi Calon Tuan Rumah Olimpiade 2032
Presiden Joko Widodo saat menonton final bulutangkis Asian Games 2018 antara Indonesia melawan China, di Jakarta, Rabu (22/8/2018). - Reuters/Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo memastikan bahwa surat usulan keikutsertaan Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032 sudah dikirim ke International Olympic Commitee (IOC).

"Dulu waktu ketemu Ketua Olimpiade disampaikan bahwa kita memiliki keinginan untuk ikut, suratnya sudah dikirim," katanya seusai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun 2019 di Ancol, Rabu (20/2/2019).

Seperti diberitakan sebelumnya, surat resmi pengajuan diri diserahkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman D. Hadad pada 11 Februari 2019.

Muliaman Hadad menyerahkan surat Presiden Jokowi yang ditujukan kepada Presiden International IOC, Thomas Bach. Surat dari Presiden diterima oleh Cristophe Dubi selaku Executive Director IOC.

Menurut Muliaman, perwakilan IOC memberi respons atas keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade. Hal itu memang pernah disampaikan Presiden Jokowi kepada Thomas Bach saat perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

Sebelumnya, Jokowi bertemu dengan Presiden IOC Thomas Bach dan Presiden Olympic Council of Asia (OCA) Ahmad Al-Fahad Al-Sabah di Istana Bogor, Sabtu (1/9/2018). Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan keinginannya agar Indonesia bisa turut serta sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032.

"Dengan pengalaman dalam penyelenggaran Asian Games 2018, maka Indonesia yakin bisa dan mampu menjadi tuan rumah untuk yang lebih besar. Oleh sebab itu Indonesia berencana mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade 2032," kata Jokowi.

Menurutnya, kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang merupakan modal yang kuat bagi Indonesia untuk menyelenggaraan acara olahraga lainnya dengan skala yang lebih besar.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, olimpiade

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top