Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Putaran Baru Negosiasi Dagang AS-China Digelar Selasa di Washington

Ronde baru negosiasi antara China dan AS untuk menyelesaikan selisih hubungan perdagangan keduanya akan dimulai di Washington pada Selasa (19/2/2019) waktu setempat.
/Reuters
/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Ronde baru negosiasi antara China dan AS untuk menyelesaikan selisih hubungan perdagangan keduanya akan dimulai di Washington pada Selasa (19/2/2019) waktu setempat.

Pejabat Gedung Putih mengatakan negosiasi lanjutan itu juga akan ditindaklanjuti dengan pertemuan di pejabat level tinggi yang juga akan dilakukan pada pekan ini.

Dilansir dari Bloomberg, perbincangan perdagangan pekan ini merupakan tindak lanjut dari negosiasi dagang yang telah dilakukan pada pekan lalu di Beijing. Meskipun belum mencapai kesepakatan, kedua pihak dari negara adidaya tersebut mengklaim negosiasi itu menunjukkan kemajuan pada isu-isu kontroversial antara dua mitra dagang.

“Pembicaraan tersebut bertujuan untuk mencapai perubahan struktural yang diperlukan di Cina yang memengaruhi perdagangan antara Amerika Serikat dan Cina. Kedua belah pihak juga akan membahas janji China untuk membeli sejumlah besar barang dan jasa dari Amerika Serikat, " ujar pejabat Gedung Putih melalui pernyataan tertulis seperti dikutip Bloomberg, Selasa (19/2/2019).

Sebelumnya, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin juga menyebutkan bahwa diskusi yang dilakukan di Beijing pekan lalu berjalan jauh lebih produktif.

Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer juga menyatakan hal senada. "Kami merasa bahwa kami telah membuat kemajuan dalam isu yang sangat penting dan rumit ini. Kami memiliki pekerjaan tambahan yang harus dilakukan tapi kami cukup optimis [akan ada kesepakatan]."

Adapun, Presiden China Xi Jinping menambahkan bahwa Negeri Panda bersedia untuk mengambil langkah kooperatif terhadap penyelesaian gesekan perdagangan bilateral yang telah berlangsung selama lebih dari satu tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper