Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ibu-Ibu Dari Solo : "Jokowi-Amin Satu Periode Sudah Terbukti!"

Debat capres kedua Minggu (17/2/2019) malam tak hanya diramaikan oleh klaim para masing-masing kandidat kedua capres yang mengklaim paling siap dalam debat kali ini.
Gita Bhinneka Chair saat debat capres, Minggu (17/2/2019)/Bisnis-Ilham Budhiman
Gita Bhinneka Chair saat debat capres, Minggu (17/2/2019)/Bisnis-Ilham Budhiman

Bisnis.com, JAKARTA - Debat calon presidene kedua Minggu (17/2/2019) malam tak hanya diramaikan masing-masing kandidat kedua capres yang mengklaim paling siap dalam debat kali ini.

Debat juga riuh oleh suara pendukung masing-masing kandidat dari kedua kubu. Ibu-ibu paduan suara dari pendukung capres 01 Jokowi-Ma'ruf Amin, misalnya, mereka sangat lantang menyanyikan yel-yel 'Jokowi-Amin Satu Periode Sudah Terbukti!'

Para ibu-ibu yang mengatasanamakan Gita Bhinneka Chair ini sejak sore tak henti-hentinya menyuarakan capresnya Joko Widodo. Mereka juga menyanyikan lagu-lagu daerah sebagai pengingat untuk bangsa ini.

"Ini untuk memberi semangat bagi Pak Jokowi. Sudah satu tahun kami lakukan latihan seperti ini," kata Harimurti, ibu-ibu yang tergabung dalam Gita Bhinneka Chair yang berasal dari Solo ini, di pelataran Hotel Sultan, Minggu (17/2/2019).

Menurutnya, para ibu-ibu 'paduan suara' ini berasal dari pelbagai daerah, suku dan agama. Semua kompak menyuarakan kebersamaan tanpa membedakan identitas. Semua kompak mendukung Jokowi karena sudah terbukti dalam kinerja selama 5 tahun ini.

Mengenakan kaos putih secara seragam, mereka dengan lantang menyanyikan sejumlah lagu di antaranya Bhinneka Tunggal Ika, Bengawan Solo, Sirih Kuning, Hamko Rambe Yamko, dan juga Caping Gunung.

Rista, Sekjen Gita Bhinneka Choir menyatakan bahwa GBC memang sudah tergabung di Tim Kampanye Nasional (TKN).

"Aslinya, kita ini memang relawan yang berkumpul, bernyanyi, untuk support bapak [Jokowi]," ujarnya.

Menurut Rista, kehadiran GBC tak hanya sekali ini saja. Pada debat perdana di Hotel Bidakara pada Kamis (17/1/2019) lalu, GBC juga hadir menyemarakan suasana debat.

"Sudah kita rencanakan setiap debat akan hadir. Debat kemarin di Bidakara kita sudah hadir, cuma lebih rapi di sini. Di sana terlalu padat."

Ada alasan tersendiri baginya untuk mendukung Jokowi sebagai presiden lagi untuk periode selanjutnya. Dia juga tak menampik bahwa nyanyian ibu-ibu tersebut tak semuanya bagus. Baginya, suara bagus atau tidak tak terlalu penting. 

Menurutnya, suara dari ibu-ibu tersebut yang jelas menyampaikan keinginan yang tulus untuk mendukung Jokowi.

"Orang baik harus didukung. Prinsipnya begitu."


Menjelang debat yang dimulai pukul 20.00 WIB. Ada arahan dari tim pengamanan di lokasi untuk mengosongkan sebagian area. Perlahan, mereka juga diarahkan untuk berpindah dari lokasi di area pelataran Hotel Sultan. Mereka pun membubarkan diri.

"Kita tetap bernyanyi sampai Pak Jokowi pulang. Tapi, kalau misalnya di sini nggak ada layar lebar, di lobi nggak ada layar lebar, kita ke nobar 01. Sesudah selesai kita ke sini lagi untuk bernyanyi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Akhirul Anwar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper