Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Debat Capres II: TKN Harap Prabowo Keluarkan Program, Bukan Ungkit Pemerintahan Jokowi-JK

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Johnny G Plate berharap dalam Debat Capres II yang akan mempertemukan antarcapres, kedua kandidat khususnya pihak penantang, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto agar memaparkan programnya.
Johnny G Plate/Bisnis-Aziz R
Johnny G Plate/Bisnis-Aziz R

Kabar24.com, JAKARTA — Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Johnny G Plate berharap dalam Debat Capres II yang akan mempertemukan antarcapres, kedua kandidat khususnya pihak penantang, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto agar memaparkan programnya.

"Masyarakat kan lagi menunggu program. Debat ini adalah Debat Capres, yang menentukan arah bangsa," ujar Johnny ketika ditemui di Posko Cemara TKN Jokowi-Ma'ruf, Jumat (15/2/2019).

"Kami berharap dengan debat ini masyarakat semakin paham persamaaan dan perbedaan programnya paslon 01 dan 02," tambahnya.

Sebab, Johnny menilai selama ini kubu penantang masih dominan mengapitalisasi kelemahan pemerintahan era Jokowi-JK, tetapi belum bisa menghadirkan solusi.

"Nah, debat ini harus memperbandingkan antara visi-misi Jokowi-Ma'ruf dengan visi-misi Prabowo-Sandiaga. Jangan dibandingkan lagi dengan Jokowi-JK," ungkap politisi NasDem ini.

"Yang seolah-olah kalau ada yang belum selesai, ada yang perlu disempurnakan di kabinet Jokowi-JK, itu sama dengan kehebatan Prabowo-Sandi. Apa bener begitu? Ya enggak begitu, salah logika itu, logika sesat itu," tambahnya.

Pria kelahiran Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), 10 September 1956 ini menegaskan program perbaikan kekurangan pemerintahan saat ini juga akan dipaparkan pihaknya sebagai petahana.

Sehingga, menurut Johnny, gagasan ke depan merupakan modal agar penonton bisa membandingkan kualitas kedua kandidat.

"Logika [perdebatan] itu adalah yang apple to apple, perbandingan programnya Jokowi-Ma'ruf dengan Prabowo-Sandi di empat kesulitan spesifik," jelas Johnny.

"Kalau itu mudah dipahami perbedaannya, maka itu akan memberikan masukan bagi undecided dan swing voters, informasi yang lebih bermakna, lebih penting untuk mereka dalam mengambil keputusan," tambahnya.

Maka dari itu, Johnny mendorong pihak penantang sanggup melawan gagasan pihaknya dengan program yang spesifik.

"Tidak bisa ngomong infrastruktur kok ngomongin angka, harus program spesifik. Ngomongin energi spesifik. Tidak bisa lagi dengan isu-isu umum yang paradoks. Pergi ke petani ngomong menaikkan harga komoditas pertanian, pergi ke konsumen di pasar ngomong turunin harga, ini kan hal-hal paradoks," ujarnya.

Sementara itu, Debat Capres II akan digelar di Hotel Sultan, Minggu (17/2/2019) dengan tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup, serta hanya akan menghadirkan kedua kandidat capres, yaitu nomor urut 01 Joko Widodo dengan nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper