Setelah Tertunda, Pendaftaran CPNS 2018 di Sulawesi Tengah Akhirnya Dibuka

Setelah mengalami penundaan karena alasan terjadinya gempa, tsunami dan liquifaksi pada 28 September 2018, pemerintah akhirnya membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 untuk instansi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kota Palu, Pemerintah Kabupaten Sigi, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dan Pemerintah Kabupaten Donggala.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 14 Februari 2019  |  07:54 WIB
Setelah Tertunda, Pendaftaran CPNS 2018 di Sulawesi Tengah Akhirnya Dibuka
Suasana tes CPNS di Muba beberapa waktu lalu - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah mengalami penundaan karena alasan terjadinya gempa, tsunami dan liquifaksi pada 28 September 2018, pemerintah akhirnya membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 untuk instansi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kota Palu, Pemerintah Kabupaten Sigi, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dan Pemerintah Kabupaten Donggala.

Pembukaan pendaftaran tersebut diumumkan di laman https://sscn.bkn.go.id/ pada Kamis pagi ini (14/02/2019).

Dalam pengumuman tersebut, para pelamar dipersilakan melakukan pendaftaran di laman tersebut.

"Bagi yang sudah memiliki akun dan pilih instansi, tinggal unggah dokumen. Adapun mereka yang belum pilih instansi, bisa memilih ke-5 instansi tersebut dan mengunggah dokumen," demikian bunyi pengumuman di laman https://sscn.bkn.go.id/.

Pada Oktober tahun lalu, Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan, dalam konferensi pers di Kantor Pusat BKN, mengungkap Selasa (16/10/2018). Panitia Seleksi Nasional CPNS 2018 memutuskan untuk menunda pelaksanaan Seleksi CPNS 2018 untuk wilayah Sulteng lantaran situasi yang kurang memungkinkan untuk melaksanakan seleksi.

Pasca terjadinya gempa, tsunami dan liquifaksi di wilayah Kabupaten Donggala dan Kota Palu, pemerintahan belum berjalan normal. Fasilitas di kantor-kantor, tidak memungkinkan untuk menjalankan roda pemerintahan sebagaimana situasi normal.

Di lain sisi, para pelamar CPNS juga tidak bisa mengikuti tahapan pendaftaran secara normal, sebagaimana situasi normal di wilayah-wilayah lain di Tanah Air.

"Dengan pertimbangan situasi-situasi tersebut, diputuskan pelaksanaan seleksi di instansi yaitu Pemerintah Provinsi Sulteng, Kabupaten Donggala, Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Parigi Moutong, ditunda ke tahun depan [2019]," ujarnya.

Panselnas CPNS 2018 menyatakan sebanyak 1,75 juta pelamar memenuhi syarat administrasi dari total jumlah pelamar yang mendaftar sebanyak lebih dari 3,7 juta orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cpns, ASN

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top