Tjahjo Ngaku Tak Pernah Larang Bawahan Rapat di Hotel

Pegawai Kementerian Dalam Negeri tidak dilarang menggelar rapat di hotel. Kepastian itu disampaikan Mendagri Tjahjo Kumolo menanggapi adanya kabar pelarangan rapat di hotel bagi pegawai Kemendagri.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 12 Februari 2019  |  16:51 WIB
Tjahjo Ngaku Tak Pernah Larang Bawahan Rapat di Hotel
Mendagri Tjahjo Kumolo - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pegawai Kementerian Dalam Negeri tidak dilarang menggelar rapat di hotel. Kepastian itu disampaikan Mendagri Tjahjo Kumolo menanggapi adanya kabar pelarangan rapat di hotel bagi pegawai Kemendagri.

Menurut Tjahjo, dirinya hanya pernah mengeluarkan pernyataan agar bawahannya tidak melakukan rapat konsultasi dengan pemerintah daerah pada malam hari di hotel. Tjahjo mengimbau agar rapat konsultasi dilakukan di kantor kementeriannya saja.

“Sebagai respon atas kasus dugaaan penganiayaan staf KPK di [Hotel] Borobudur, dimana Pemda Papua undang konsultasi Ditjen Keuangan Daerah pada malam hari bahas anggaran daerah tanpa seijin Mendagri,” ujar Tjahjo dalam pesan singkat kepada wartawan, Selasa (12/2/2019).

Menteri dari PDI Perjuangan itu menyebut selama ini hampir semua acara Kemendagri justru dilakukan di hotel. Dia mengaku mengeluarkan pernyataan terkait lokasi rapat konsultasi untuk menghindari kecurigaan masyarakat.

“Daripada timbul penafsiran yang diindikasikan macam-macam kalau rapat anggaran di hotel jangan malam hari dan sebaiknya utusan pemda silahkan bermalam di hotel tapi konsultasi di kantor,” ujarnya.

Pernyataan Tjahjo soal lokasi rapat konsultasi sempat dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Ketua PHRI Haryadi Sukamdani mengeluhkan pernyataan Tjahjo di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Haryadi menyatakan pihak hotel jangan dijadikan "kambing hitam".

Setelah mendengar keluhan itu, Jokowi mengatakan bahwa dirinya sudah mendapat jawaban dari Tjahjo.

"Tadi baru saja diberi tahu, sudah beres Pak, tidak akan ditindaklanjuti. Baru saja ini tadi. Pak Mendagri langsung jawab, tidak ditindaklanjuti," kata Jokowi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tjahjo kumolo, Larangan Rapat Di Hotel

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top