Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asita Akan Demo ke Istana Soal Harga Tiket Pesawat

Asita berencana menggelar aksi unjuk rasa ke Istana Jakarta pada akhir bulan ini untuk menyikapi mahalnya harga tiket pesawat yang berimbas pada bisnis biro perjalanan konvensional.
Travel agent/Ilustrasi
Travel agent/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) berencana menggelar aksi unjuk rasa ke Istana Jakarta pada 28 Februari 2019 menuntut penurunan harga tiket pesawat.

"Rencananya begitu kalau sampai tanggal tersebut harga tiket masih mahal dan kebijakan [pemerintah] masih tidak pro ke travel agent konvensional," ujar Pelaksana tugas Ketua Umum Asita Budijanto Ardiansjah ketika dikonfirmasi Bisnis.com, Selasa (12/2/2019).

Budi mengatakan, secara umum pihaknya ingin menyuarakan terkait kebijakan pemerintah dan kebijakan maskapai yang dinilai cenderung merugikan biro perjalanan konvensional. Kebijakan maskapai yang dimaksud seperti penerapan zero commision, tingginya harga tiket pesawat, dan bagasi berbayar.

Sementara itu, Asita juga menilai pemerintah kurang berpihak kepada biro perjalanan konvensional.

"Mereka kayaknya membiarkan online travel begitu mendominasi sehingga keberpihakan terhadap UMKM ini hampir tidak ada," kata Budi.

"Kalau kebijakan airline itu otomatis mengurangi minat orang menggunakan perjalanan udara sehingga mengganggu bisnisnya biro perjalanan. Transaksi kan jadi banyak berkurang."

Budi berujar mendominasinya online travel ditambah dengan kebijakan-kebijakan maskapai tersebut bahkan sampai membuat beberapa anggotanya harus mengalami gulung tikar. Adapun anggota Asita saat ini kurang lebih mencapai 7.000 perusahaan.

Terkait dengan unjuk rasa, Budi menuturkan jumlah massa yang terlibat ditargetkan mencapai 500 orang dari seluruh Indonesia. Meski tak banyak, Budi berharap kegiatan tersebut bisa menarik perhatian pemerintah untuk mengakomodasi suara para pengusaha biro perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper