Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Serap Aspirasi Masyarakat, Menteri LHK Berencana Revitalisasi Setu Pladen Depok

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Tim Akar Rumput Jokowi-Ma’ruf Amin yang dipimpin Ridha Saleh dan Serikat Petani Indonesia serta beberapa aktivis seperti Chalid Muhammad, Hani Adiati, dan lain-lain berdialog dengan masyarakat Beji di lokasi Setu Pladen, Kota Depok.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar saat berdialog dengan masyarakat Beji di lokasi Setu Pladen, Kota Depok./Istimewa
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar saat berdialog dengan masyarakat Beji di lokasi Setu Pladen, Kota Depok./Istimewa

Bisnis.com, DEPOK – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar bersama Tim Akar Rumput Jokowi-Ma’ruf Amin yang dipimpin Ridha Saleh dan Serikat Petani Indonesia serta beberapa aktivis seperti Chalid Muhammad, Hani Adiati, dan lain-lain berdialog dengan masyarakat Beji di lokasi Setu Pladen, Kota Depok.

Siti menyatakan bahwa mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat secara langsung di lapangan merupakan bagian penting dari perencanaan kerja sebagaimana yang kerap dilakukan Presiden Jokowi. Seperti ini juga dilakukan para menteri.

Menteri LHK juga menegaskan perhatian presiden akan masalah-masalah lingkungan dan wilayah-wilayah pencemaran yang saat ini sedang terus ditangani. Sehari sebelumnya, Siti berada di Kompleks Perumnas Karawang juga dalam rangka mengatasi pencemaran limbah rumah tangga.

Berbagai masalah terkait dengan Setu Pladen diungkap oleh para tokoh masyarakat, ustad, eks carik, dan aktivis lingkungan di Depok dan didengarkan Menteri Siti yang terus mencatat. Dialog dipandu oleh Ketua Tim Akar Rumput Jokowi-Ma’ruf Amin, Ridha Saleh.

Pada akhir dialog, Siti merangkum masalah-masalah Setu Pladen Depok berkaitan dengan pencemaran limbah, sampah, pendangkalan, aspek sosial, pertanahan, hutan kota, peluang spot wisata lokal, edukasi, serta sarana-prasarana, termasuk penerangan jalan umum dan perlunya kontribusi CSR BUMN atau swasta.

Siti menyatakan beberapa kegiatan teknis bisa secara langsung dikerjakan oleh KLHK dan beberapa kegiatan lainnya merupakan otoritas kementerian lain seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kemendagri, Kementerian Desa, dan Kementerian ATR BPN.

Tentu saja, peran pemda kota dan pemda provinsi juga penting. Tidak hanya Pemprov Jawa Barat, tapi  juga Pemprov DKI dalam kerangka kerja Jabodetabek. 

Siti merencanakan untuk berkoordinasi secara cepat dalam mengambil langkah lapangan atasi pencemaran air dan segera akan menurunkan Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. 

“Terima kasih atas dukungan masyarakat dan para aktivis serta akademisi yang sudah menyatakan akan memberikan sumbang pemikiran dan kerja dalam upaya ini,” katanya. 

Siti menegaskan pentingnya gotong-royong mengatasi masalah yang sudah kronik terkait dengan setu-setu di Depok ini. “Tapi kita akan mulai Setu Pladen dulu,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper