Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Guru Besar Terpilih Menjadi Calon Rektor UNS. Siapa Paling Berpeluang?

Tiga guru besar terpilih sebagai calon rektor Universitas Sebelas Maret periode 2019-2023.
Tiga calon rektor UNS Periode 2019 - 2023/istimewa
Tiga calon rektor UNS Periode 2019 - 2023/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga guru besar terpilih sebagai calon rektor Universitas Sebelas Maret periode 2019-2023. 

Tiga nama tersebut terpilih melalui sidang Senat Tertutup pada Rabu (6/2/2019). Mereka adalah Prof Jamal Wiwoho, Prof Sutarno dan Prof Widodo Muktiyo.

Ketua Senat UNS, Prof Suntoro mengatakan, sebelumnya terdapat lima Bakal Calon (Balon) Rektor UNS periode 2019-2023.

Lima balon Rektor tersebut adalah Prof Jamal Wiwoho, Prof Mohammad Furqon Hidayatullah, Prof Muhammad Nizam, Prof. Sutamo, dan Prof Widodo Muktiyo.

Kelima Balon Rektor UNS ini mengikuti Sidang Senat Terbuka dengan agenda pemaparan visi, misi, dan program kerja dari lima Balon Rektor.

"Acara dilaksanakan di Auditorium UNS dimulai pukul 09.00 -12.00 WIB, dihadiri oleh sekitar 500 peserta yang terdiri dari jajaran pimpinan universitas, utusan Menristekdikti yaitu Staf Ahli Bidang Akademik Kemenristekdikti, Prof Paulina Pannen, anggota senat UNS, para bakal calon rektor, dekan dan wakil dekan, ketua jurusan dan ketua program studi, perwakilan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni," kata Suntoro dalam keterangan resmi, diterima Rabu.

Suntoro menambahkan, pukul 13.00 WIB acara dilanjutkan sidang senat tertutup untuk menyaring lima bakal calon menjadi tiga calon rektor, diselenggarakan di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa lantai 2 UNS.

Sebanyak 132 anggota senat UNS yang terdiri dari para guru besar dan anggota senat universitas perwakilan fakultas di lingkungan UNS, pejabat dari Kemenristekdikti dan para Balon Rektor UNS hadir dalam kesempatan itu.

Hasil dari pemungutan suara diperoleh tiga calon rektor yaitu Prof Jamal Wiwoho yang meraih 69 suara, Prof Sutarno 40 suara, dan Prof Widodo Muktiyo 12 suara.

Ketua Panitia Rektor UNS, Prof Sahid Teguh Widodo menambahkan untuk tahap selanjutnya, dari tiga calon rektor UNS tersebut akan dipilih kembali untuk menetapkan satu calon rektor terpilih melalui sidang senat tertutup yang dijadwalkan antara tanggal 13 hingga 30 Maret 2019 dengan menghadirkan Menristekdikti atau pejabat yang ditunjuk.

Rektor UNS Prof Ravik Karsidi berharap prosesi pemilihan rektor UNS bisa berjalan dengan lancar.

Jika melihat dukungan suara dari ketiga calon, Prof Jamal Wiwoho meraih suara terbanyak di antara dua calon lainnya. Namun, hasil akhir tentang calon terpilih masih harus menunggu sidang senat tertutup yang akan dihadiri Menristekdikti atau pejabat yang ditunjuk.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : Humas UNS

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper