Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengacara Hartono Karjadi: Mabes Polri Temukan Dugaan Pelanggaran oleh Penyidik Polda Bali

Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri mengakui telah menemukan dugaan terjadinya pelanggaran prosedur dalam proses penyidikan perkara yang menjerat pengusaha Hartono Karjadi sebagai tersangka di Ditreskrimsus Polda Bali.
Ilustrasi/Jibiphoto
Ilustrasi/Jibiphoto
Bisnis.com, JAKARTA - Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri mengakui telah menemukan dugaan terjadinya pelanggaran prosedur dalam proses penyidikan perkara yang menjerat pengusaha Hartono Karjadi sebagai tersangka di Ditreskrimsus Polda Bali. 
 
Kuasa Hukum Hartono Karjadi, Boyamin Saiman menungkapkan dugaan pelanggaran itu ditemukan Divisi Propam Mabes Polri berdasarkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) Nomor: B/285/XIII/2018/Divpropam ter tanggal 10 Desember 2018.
 
“Dari hasil penyelidikan ditemukan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh penyidik Unit IV Subdit II Ditreskrimsus Polda Bali yang menangani Laporan Polisi Nomor : LP/74/II/2018/SPKT tanggal 27 Februari 2018,” tuturnya, Kamis (10/1/2019).
 
SP2HP Divisi Propam itu merupakan tindaklanjut dari pengaduan yang dilakukan Boyamin dan kawan-kawan pada 8 Agustus 2018 melalui Surat Nomor : 065 / HK-BSLF / VIII / 2018, Perihal : Pengaduan Terhadap Dugaan Tindakan Sewenang-wenang dan Rekayasa Hukum Penyidik Perkara Laporan Polisi dengan Nomor: LP/74/II/2018/SPKT, tanggal 27 Februari 2018 di Kepolisian Daerah Bali. Laporan itu dibuat Desrizal Chaniago selaku kuasa hukum pengusaha Tomy Winata. 
 
“Kami menilai ada sejumlah kejanggalan baik dari aspek  formil maupun materiil terkait laporan yang dibuat Desrizal selaku kuasa hukum Tomy Winata,” katanya.
 
Dia menyebutkan soal legal standing Tomy Winata selaku pelapor yang mendasarkan diri pada akta pengalihan hak tagih tertanggal 12 Februari 2018  dari PT Bank China Construction Bank Indonesia (CCB)  selaku penjual kepada yang bersangkutan selaku pembeli. 
 
“Menurut pelapor (Tomy Winata), hak tagih atau piutang yang dialihkan itu adalah utang-piutang atas nama debitur PT Geria Wijaya Prestige (GWP). Jadi posisi pelapor sesungguhnya tidak punya hubungan hukum dengan Hartono Karjadi sebagai terlapor,” ujarnya.
 
Di sisi lain,  perjanjian yang diklaim Tomy Winata seolah-olah terjadi pengalihan piutang atau hak tagih itu ternyata hak kebendaannya berupa sertifikat PT GWP berada di Bank CCB, yang notabene masih menjadi objek sengketa, baik pidana maupun perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada perkara nomor 223 / Pdt.G. / 2018 / PN.Jkt.Pst.
 
Dalam perkara dugaan penggelapan sertifikat PT GWP yang ditangani Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, dua orang telah ditetapkan sebagai tersangka, yaitu Tohir Sutanto selaku mantan Direktur PT Bank Mulcticor/kini Bank CCB), dan Priska M. Cahya selaku karyawan Bank Danamon). Perkara itu merupakan tindaklanjut dari laporan polisi yang dibuat Edy Nusantara, kuasa Fireworks Ventures Limited selaku kreditur tunggal PT GWP.  
 
Penyidik Bareskrim sudah mengantongi izin dari PN Jakarta Selatan untuk menyita dokumen asli sertifikat PT GWP yang saat ini masih dikuasai Bank CCB. Namun, upaya itu sekonyong-konyong terganjal laporan polisi yang dibuat Tomy Winata di Polda Bali.  Alhasil, hingga kini berkas perkara penggelapan tersebut terkatung, dan belum diserahkan  ke Kejaksaan Agung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper