Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gunung Soputan Erupsi, Jarak Aman Beraktivitas Dalam Radius 4 KM

Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas dalam radius 4 kilometer dari puncak Gunung Soputan yang kembali mengalami erupsi Minggu pagi, (16/12).
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 16 Desember 2018  |  13:47 WIB
Gunung Soputan erupsi - Dok.Magma Indonesia
Gunung Soputan erupsi - Dok.Magma Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas dalam radius 4 kilometer dari puncak Gunung Soputan yang kembali mengalami erupsi Minggu pagi, (16/12).

“Dari pantauan PVMBG, aktivitas kegempaan Gunung Soputan yang saat ini statusnya berada pada Level III (Siaga), masih tinggi dan kolom abu letusan masih terlihat. Dari hasil analisis tersebut, PVMBG merekomendasikan kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas dalam radius 4 kilometer (KM) dari puncak Gunung Soputan dan wilayah sektor barat-barat daya sejauh 6,5 KM karena daerah tersebut merupakan daerah bukaan kawah, untuk menghindari leleran lava dan awan panas guguran,” dikutip dari rilis PVMBG, Minggu (16/12/2018).

Selain itu, masyarakat diminta lebih mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti Sungai Ranowangko, Lawian, Popang dan Londola Kelewahu.

PVMBG juga menganjurkan kepada masyarakat untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut jika terjadi hujan abu, sebagai langkah antisipatif terhadap gangguan pernafasan.

Erupsi Gunung Soputan terjadi pada 16 Desember 2018 pukul 05.40 WITA dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 7.000 meter di atas puncak.

PVMBG menjelaskan bahwa kolom abu yang teramati dari Pos Pengamatan Gunung Api Soputan berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Erupsi tersebut terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi 6 menit 10 detik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung meletus
Editor : Fajar Sidik
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top