Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Soputan Erupsi, Jarak Aman Beraktivitas Dalam Radius 4 KM

Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas dalam radius 4 kilometer dari puncak Gunung Soputan yang kembali mengalami erupsi Minggu pagi, (16/12).
Gunung Soputan erupsi/Dok.Magma Indonesia
Gunung Soputan erupsi/Dok.Magma Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas dalam radius 4 kilometer dari puncak Gunung Soputan yang kembali mengalami erupsi Minggu pagi, (16/12).

“Dari pantauan PVMBG, aktivitas kegempaan Gunung Soputan yang saat ini statusnya berada pada Level III (Siaga), masih tinggi dan kolom abu letusan masih terlihat. Dari hasil analisis tersebut, PVMBG merekomendasikan kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas dalam radius 4 kilometer (KM) dari puncak Gunung Soputan dan wilayah sektor barat-barat daya sejauh 6,5 KM karena daerah tersebut merupakan daerah bukaan kawah, untuk menghindari leleran lava dan awan panas guguran,” dikutip dari rilis PVMBG, Minggu (16/12/2018).

Selain itu, masyarakat diminta lebih mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti Sungai Ranowangko, Lawian, Popang dan Londola Kelewahu.

PVMBG juga menganjurkan kepada masyarakat untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut jika terjadi hujan abu, sebagai langkah antisipatif terhadap gangguan pernafasan.

Erupsi Gunung Soputan terjadi pada 16 Desember 2018 pukul 05.40 WITA dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 7.000 meter di atas puncak.

PVMBG menjelaskan bahwa kolom abu yang teramati dari Pos Pengamatan Gunung Api Soputan berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Erupsi tersebut terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi 6 menit 10 detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper