Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemilu 2019: Iluni UI Jaga Netralitas

Ikatan Alumni Universitas Indonesia menjaga netralitas dalam kontestasi Pemilu 2019 namun mempersilakan individu alumni untuk terjun ke kubu kontestan tanma mengenakan atribut organisasi tersebut. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Iluni UI Andre Rahadian, Jumat(14/8/2018). Dia menyampaikan hal tersebut berkaitan dengan adanya penyebaran poster atau meme yang menggunakan nama dan foto pengurus Iluni UI sehingga dapat ditafsirkan organisasi itu turut serta dalam acara deklarasi alumni UI kepada salah satu Capres.
Ilustrasi/Antara-Nyoman Budhiana
Ilustrasi/Antara-Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA- Ikatan Alumni Universitas Indonesia menjaga netralitas dalam kontestasi Pemilu 2019 namun mempersilakan individu alumni untuk terjun ke kubu kontestan tanpa mengenakan atribut organisasi tersebut.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Iluni UI Andre Rahadian, Jumat (14/8/2018).

Dia menyampaikan hal tersebut berkaitan dengan adanya penyebaran poster atau meme yang menggunakan nama dan foto pengurus Iluni UI sehingga dapat ditafsirkan organisasi itu turut serta dalam acara deklarasi alumni UI kepada salah satu Capres.

 “Kami menghargai pilihan politik dari setiap alumni UI. Silakan mau memilih Parpol manapun, mau mendukung Capres siapapun, itu hak setiap alumni. Tapi sebagai organisasi, ILUNI UI tetap dalam posisi netral. Iluni UI tidak mendukung Capres manapun pada proses Pemilihan. Kami akan mendukung Capres yang telah dinyatakan memenangi Pilpres 2019 oleh Komisi Pemlihan Umum, mendukung Capres yang dipilih oleh sebagian besar rakyat Indonesia, “paparnya.

Dia menjelaskan, Iluni UI sebagai organisasi memilih bersikap netral tidak lain untuk menjaga keguyuban atau persatuan sesama alumni UI yang jumlahnya mencapai ratusan ribu orang. Dari ratusan ribu alumni, pasti banyak yang mendukung Capres nomor urut 01 maupun 02.

“Kami menghargai apapun pilihan para alumni. Mereka boleh berbeda pilihan Parpol dan calon presiden. Tapi luni UI netral. Karena ikatan ini milik para alumni yang memiliki perbedaan Parpol dan Capres. Biarkan Iluni menjadi rumah  bagi para alumni yang memiliki pilihan Parpol dan Capres yang berbeda,”  katanya.

Untuk merealisasikan gagasan dan sikap politiknya itu, Iluni UI lanjut Andre Rahadian, tidak akan mendukung,  tidak akan menjadi sponsor dan tidak akan hadir dalam deklarasi dukungan alumni UI terhadap Capres manapun. 

Lanjutnya, apabila ada isu atau informasi yang menyebutkan  Iluni UI mendukung, menjadi sponsor  bahkan akan hadir pada deklarasi dukungan pada salah satu Capres, dipastikan hal tersebut adalah hoax alias fitnah atau bohong.

“Kami mempersilakan setiap alumni baik individu maupun kelompok untuk mendukung siapapun Capres pilihannya. Karena itu hak pribadi setiap alumni. Iluni tidak akan melarang atau menghalanginya.  Tapi jangan membawa bawa nama, foto ataupun logo organisasi alumni. Siapapun yang mencantumkan logo dan kata Iluni UI dalam acara deklarasi dukungan salah satu Capres, kami pastikan itu hal yang tidak benar. Kami minta segera hentikan. Jika masih tetap bandel, kami tak akan segan segan untuk melaporkan hal ini kepada aparat penegak hukum” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper