Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengapa Jokowi Diberi Gelar Adat oleh LAM Riau? Ini Alasannya

Presiden Joko Widodo dijadwalkan berkunjung ke Pekanbaru, Riau, Sabtu (15/12/2018). Salah satu agenda utama yaitu menerima gelar adat dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR). Apa alasan pemberian gelar adat untuk Jokowi?
Presiden Joko Widodo/ANTARA-Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo/ANTARA-Wahyu Putro A

Bisnis.com, PEKANBARU -- Presiden Joko Widodo dijadwalkan berkunjung ke Pekanbaru, Riau, Sabtu (15/12/2018). Salah satu agenda utama yaitu menerima gelar adat dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR).

Apa alasan pemberian gelar adat untuk Jokowi?

Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian LAM Riau Syahril Abu Bakar mengatakan gelar ini diberikan kepada Presiden Jokowi atas jasanya terhadap Riau yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Gelar adat yang akan diberikan ke Presiden Jokowi yaitu Datuk Seri Setia Amanah Negara, artinya pemimpin puncak yang mengemban amanah untuk melindungi, mengayomi, dan menyejahterakan masyarakat," kata Syahril, Jumat (15/12/2018).

Syahril menjelaskan pihaknya memberikan gelar adat kepada Jokowi dengan beberapa alasan. Di antaranya yaitu pertama Riau telah bebas dari kabut asap selama tiga tahun terakhir yaitu mulai 2016, 2017 hingga saat ini 2018. Sebelumnya selama 17 tahun daerah itu selalu menderita bencana kabut asap.

Kedua, penetapan Perpres Nomor 86/2018 tentang program TORA yang memberikan peluang kepada masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah.

Ketiga, penetapan Inpres Nomor 8/2018 tentang penundaan dan evaluasi perizinan kebun kelapa sawit, dengan tujuan memberi peluang kepada masyarakat untuk mengambil haknya di saat penemuan adanya sebanyak 1,8 juta hektare kebun sawit berstatus ilegal.

Keempat, penetapan Pertamina sebagai pengelola blok migas Rokan di Provinsi Riau mulai 2021 mendatang, yang selama ini dikelola perusahaan asing hingga mendekati 100 tahun atau sejak sebelum era kemerdekaan.

Penetapan ini juga memberi ruang Riau mendapatkan hak partisipasi sebesar 10%.

Kelima, pembangunan sejumlah program pembangunan infrastruktur strategis di Provinsi Riau yang diharapkan mendorong perekonomian daerah agar semakin meningkat, seperti jalan tol, jalur kereta api, hingga pembangkit listrik.

Keenam, penetapan program perhutanan sosial yang mendorong pemulihan hak tanah ulayat adat.

"Dengan beberapa alasan itu, kami menetapkan untuk memberikan gelar adat kepada Presiden atas jasa dan perhatiannya kepada pembangunan di Riau," kata Syahril.

Selain penabalan gelar adat dari LAM Riau, Jokowi juga akan menghadiri agenda lain seperti pembagian sertifikat TORA dan kegiatan kebudayaan serta deklarasi tim kampanye daerah Jokowi-Ma'ruf Amin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper