Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yusril Usulkan TKN Jokowi-Ma'ruf Amin Membuat Tim Hukum Siber

Yusril Ihza Mahendra, Kuasa Hukum Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, mengusulkan pembentukan tim hukum siber dalam Tim Kampanye Nasional pasangan capres-cawapres nomor urut 01 tersebut.
Yusril Ihza Mahendra/Bisnis-Muhammad Ridwan
Yusril Ihza Mahendra/Bisnis-Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA -- Yusril Ihza Mahendra, Kuasa Hukum Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, mengusulkan pembentukan tim hukum siber dalam Tim Kampanye Nasional pasangan capres-cawapres nomor urut 01 tersebut..

Menurut Yusril, dunia maya memiliki potensi serangan-serangan ujaran kebencian, fitnah, dan juga isu-isu negatif lainnya.

Untuk itu, Yusril mengusulkan agar Direktorat Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin membentuk tim siber.

Hal itu disampaikan Yusril saat acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Jakarta.

“Ini harus dianalisis [isu negatif], hal-hal mana yang perlu diselesaikan secara penjelasan, jadi di-counter pemberitaan itu, atau mengambil langkah hukum, jangan sampai jadi kontraproduktif,” ujarnya di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Lebih jauh Yusril menjelaskan tim kecil ini dibentuk guna memilah dugaan ujaran-ujaran kebencian yang ada di dunia maya untuk diteliti apakah perlu tindakan hukum atau tidak.

Tim ini juga akan melakukan pemantauan dan melakukan perlawan dalam setiap propaganda yang ada di dunia maya.

“Artinya dia sifatnya propaganda dan agitasi, dia hanya bisa dihadapi dengan propaganda juga, tapi kita tetap menjaga batas-batas, jangan sampai secara etik melanggar kepatutan, secara hukum dia melanggar hukum,” jelasnya.

Selain itu, dalam Rakornas, Yusril turut membahas tentang kemungkinan gugatan di Mahkamah Konstitusi setelah Pemilihan Umum nanti. Namun dia mengharapkan hal tersebut tidak terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper