Rusia dan Asean Godok Kesepakatan Perdagangan Bebas

Rusia dan Asosiasi Kerja Sama Negara Asia Tenggara (Asean) berkomitmen untuk mengembangkan kerja sama ekonomi antarkawasan melalui mekanisme kawasan perdagangan bebas.
Iim Fathimah Timorria | 30 November 2018 12:24 WIB
Presiden RI Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di kediaman kenegaraan Bocharov Ruchei, di Sochi, Rusia, Rabu (18/5). - Reuters/Sergei Karpukhin

Bisnis.com, JAKARTA - Rusia dan Asosiasi Kerja Sama Negara Asia Tenggara (Asean) berkomitmen untuk mengembangkan kerja sama ekonomi antarkawasan melalui mekanisme kawasan perdagangan bebas.

Sejauh ini, Rusia melalui organisasi kerja sama Uni Ekonomi Eurasia (EAEU) telah membuat kesepakatan perdagangan bebas dengan Vietnam, salah satu negara anggota Asean. Kerja sama tersebut diharapkan dapat menjangkau negara Asean lain menyusul potensi keuntungan yang bisa dicapai kedua pihak.

"EAEU telah membuat kesepakatan kawasan perdagangan bebas (FTZ) dengan Vietnam sejak 2016. Nilai perdagangan kedua pihak telah meningkat 40% sejak kesepakatan itu dibuat," kata Duta Besar Rusia untuk Asean, Alexander Ivanov di Jakarta pada Jumat (30/11/2018).

Ivanov memaparkan bahwa sejumlah negara Asean seperti Singapura, Thailand, Kamboja, dan Indonesia telah mengekspresikan ketertarikan mereka terhadap rencana tersebut.

"Pemerintah Singapura bersama Komisi Ekonomi Eurasia (EEC) telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) perihal integrasi ekonomi dan pengurangan hambatan perdagangan pada Mei 2016. Working grup untuk menindaklanjuti kesepakatan ini juga telah dibuat," tambah Ivanov.

Salah satu kemajuan siginifikan yang berhasil dicapai kedua pihak mengenai isu ini adalah penandatanganan MoU antara EEC dan Asean pada pertemuan Asean-Singapura pertengahan November lalu di Singapura. Aksi tersebut adalah tindak lanjut dari tiga putaran diskusi kedua pihak yang telah terbentuk sejak tawaran negosiasi FTZ disampaikan pada musim panas 2017.

Tag : asean, ekonomi eropa
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top