Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LAPORAN DARI ARGENTINA: Begini Situasi Pengamanan Kota Buenos Aires Jelang KTT G20

Pemerintah Argentina mulai memperketat keamanan di beberapa wilayah di kota Buenos Aires jelang digelarnya KTT G20 yang akan berlangsung pada 30 November hingga 1 Desember.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 30 November 2018  |  08:06 WIB
Suasana Kota Buenos Aires Jelang KTT G20. JIBI/BISNIS - Feni Freycinetia
Suasana Kota Buenos Aires Jelang KTT G20. JIBI/BISNIS - Feni Freycinetia

Bisnis.com,  BUENOR AIRES - Pemerintah Argentina mulai memperketat keamanan di beberapa wilayah di kota Buenos Aires jelang digelarnya KTT G20 yang akan berlangsung pada 30 November hingga 1 Desember.

Pengamaman tersebut dilakukan lantaran sudah berdatangannya pemimpin negara dan organisasi penting di Ibu Kota Argentina tersebut.

Berdasarkan pantauan Bisnis, salah satu ruas jalan yang ditutup petugas untuk kendaraan umum, yaitu jalan Paseo Colon, Buenos Aires. Selain menutup jalan, terlihat pula banyak petugsas keamanan yang membawa senjata dan memakai rompi anti peluru.

Ternyata, polisi-polisi tersebut menjaga wilayah di Hotel Madero. Pagi tadi, salah satu tokoh penting yaitu Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde baru saja tiba di lobi Hotel Madero.

Acara puncak KTT G20 akan digelar di Costa Salguro. Jalan dari venue di Costa Salguero hingga International Media Center (IMC) sudah ditutup sejak beberapa hari yang lalu.

Selain Christine Lagard, ada beberapa kepala negara lain yang sudah mendarat di Buenos Aires. Seperti dikutip dari media massa lokal Clarin, Presiden Perancis Emanulle Marcon, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, serta Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman diberitakan telah sampai di Ibu Kota Argentina.

Namun, dua tokoh besar yang ditunggu-tunggu dalam event G20, yaitu Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden China Xi Jin Ping. Kedua kepala negara tersebut dijadwalkan bertemu untuk pertama kalinya setelah AS menyatakan perang dagang ke China.

Wakil Presiden Jusuf Kalla akan memimpin delegasi Indonesia untuk mengikuti KTT G20. Didampingi istrinya Mufidah Jusuf Kalla, JK mendarat di Bandara Militer Cuesta Salguero, Buenos Aires, Argentina, Rabu tengah malam (28/11) waktu setempat. Dalam rombongan, nampak Menpan RB Syafruddin dan Menkominfo Rudiantara.

Libur Nasional

Pemerintah Argentina meliburkan seluruh pegawai instansi pemerintahan pada 30 November 2018. Hal itu dilakukan agar para pegawai negeri sipil (PNS) dapat membantu semua KTT G20.

Bukan itu saja, semua penerbangan menuju bandara komersial Buenos Aires akan dialihkan. Moda transportasi massal seperti bus dan kereta akan berhenti beroperasi selama KTT G20 berlangsung. Ini dilakukan untuk meminimalisasi pergerakan demonstrasi yang menentang acara tersebut.

Presiden Argentina Mauricio Macri bahkan meminta seluruh warga Buenos Aires dan sekitarnya untuk memanfaatkan libur panjang ke luar kota.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jusuf kalla KTT G20
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top