Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekonomi Berbasis Inovasi Penting untuk Tingkatkan Daya Saing

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menyatakan ekonomi berbasis inovasi merupakan hal utama untuk meningkatkan daya saing bangsa.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh - Bisnis.com 23 November 2018  |  13:54 WIB
Menteri Ristekdikti Mohamad Nasir (kedua dari kanan) memberi keterangan pers terkait Pengumuman Hasil Seleksi SNMPTN 2018, Selasa (17/4/2018). - Bisnis/Yusran Yunus
Menteri Ristekdikti Mohamad Nasir (kedua dari kanan) memberi keterangan pers terkait Pengumuman Hasil Seleksi SNMPTN 2018, Selasa (17/4/2018). - Bisnis/Yusran Yunus

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menyatakan ekonomi berbasis inovasi merupakan hal utama untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi pembicara di acara Seminar "4 Tahun Kinerja Jokowi-JK: Peningkatan Daya Saing" di Universitas Airlangga, Surabaya, Kamis (22/11/2018).

“‘Tren riset di Indonesia saat ini terlalu berbasis suplai dan akan jauh lebih baik apabila industri lebih berperan mendorong riset ke arah demand driven, supaya tercipta transformasi yang kita cita-citakan,” ujar Nasir dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (23/11).

Dia menekankan bahwa riset dan inovasi merupakan kunci utama dari transformasi tersebut.

Oleh karena itu, selama empat tahun pemerintahan Jokowi-JK, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk meningkatkan budaya riset dan inovasi di perguruan tinggi, lembaga penelitian, serta masyarakat.

Para dosen pun diimbau turut melakukan penelitian pada bidang keilmuannya dan menerapkan hasil penelitiannya untuk membantu memajukan kualitas hidup masyarakat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenristekdikti
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top