Citra Sonar Tangkap Objek Diduga Badan Lion Air JT-610

Operasi pencarian bangkai pesawat Lion Air JT601 rute penerbangan Jakarta-Pangkalpinang mulai menemui titik terang.
Muhammad Ridwan | 31 Oktober 2018 14:05 WIB
Awak kapal Pertamina mengamati serpihan pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT610 rute Jakarta-Pangkalpinang yang jatuh di laut utara Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018). - ANTARA/HO/Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA - Operasi pencarian bangkai pesawat Lion Air JT601 rute penerbangan Jakarta-Pangkalpinang mulai menemui titik terang.

Sesuai penuturan saksi mata dan hasil citra sonar menemukan objek yang diduga bagian dari pesawat di sekitar perairan Tanjung Pakis, Jawa Barat.

“Pada radius yang kita bikin dari saksi mata dan deteksi sonar ada dideteksi objek yang diperkirakan, sekarang lagi dicek tim penyelam,” ujar Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Didi Hamzar di Kantor Basarnas, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Melihat temuan tersebut, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto langsung menuju ke lokasi untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

Selain itu, sebanyak 100 penyelam diterjunkan untuk melakukan penyisiran di dasar perairan.

“Objek yang diperkirakan. Kami tidak boleh menduga. Hasilnya nanti tunggu perkembangan, yang diperkirakan kan bagian besar dari target yang kita cari bodi pesawat,” jelas Didi.

KRI Rigel yang dilengkapi peralatan Side Scan Sonar dan remotely operated vehicle (rov) dari TNI angkatan laut, RB 206 Bandung yang dilengkapi dengan side scan sonar, Kapal Baruna Jaya, Kapal Dominos dikerahkan untuk membantu pencarian di bawah air.

Tag : lion air jatuh
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top