Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arab Saudi Kerahkan Tentara Maya untuk Lecehkan Jamal Khashoggi dan Penentang Lain

Arab Saudi mengerahkan tentara maya untuk melecehkan wartawan pembangkang Jamal Khashoggi dan penentang lain kerajaan itu di Twitter, kata "New York Times" pada Sabtu (20/10/2018).
Jamal Khashoggi/reuters
Jamal Khashoggi/reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Arab Saudi mengerahkan tentara maya untuk melecehkan wartawan pembangkang Jamal Khashoggi dan penentang lain kerajaan itu di Twitter, kata "New York Times" pada Sabtu (20/10/2018).

Upaya menyerang Khashoggi dan orang berpengaruh Saudi, serta mempengaruhi pendapat umum terhadap mereka di medan gaul, termasuk yang disebut kebun hasutan berpusat di Riyadh dan dugaan mata-mata di Twitter, yang dimanfaatkan kerajaan itu untuk memantau alamat pengguna, kata "New York Times".

Twitter menolak menanggapi pernyataan tersebut. Wakil dari kedutaan Arab Saudi di Washington tidak menjawab permintaan untuk tanggapan.

Pejabat Saudi pada Sabtu  (20/10/2018), menyatakan kolumnis "Washington Post", Khashoggi, meninggal dalam perkelahian di konsulat Istanbul-nya.

Pejabat Turki menyatakan Khashoggi dibunuh dan dikerat oleh pasukan keamanan Saudi.

Melecehkan Penentang

"The Times" melaporkan bahwa penggerak Saudi memulai gerakan medan gaul untuk melecehkan penentang pada 2010.

Saud al-Qahtani, penasihat Putra Mahkota Mohammed bin Salman, menciptakan siasat di balik upaya itu, kata surat kabar tersebut, mengutip keterangan pejabat Amerika Serikat dan Saudi.

Qahtani adalah salah satu dari lima pejabat dipecat Raja Saudi Salman, kata media negara Saudi, sesudah terjadi silang pendapat dunia atas hilangnya Khashoggi.

"The Times" juga mengutip laporan perusahaan konsultan McKinsey & Co, yang membahas pendapat umum tentang langkah penghematan ekonomi, yang diumumkan Arab Saudi pada 2015.

Surat kabar itu, yang memperoleh salinan laporan sembilan halaman tersebut, menyatakan perasaan lebih banyak buruk daripada baik dan bahwa percakapan itu didorong tiga orang, yang disebut laporan tersebut.

Ditangkap

Sesudah laporan McKinsey itu dikeluarkan, salah satu dari ketiganya ditangkap, yang kedua menyatakan pemerintah menangkap dua saudaranya dan meretas telepon sakunya, serta alamat Twitter yang ketiga ditutup, kata "The Times".

Pernyataan McKinsey mengatakan "ngeri" kemungkinan laporannya digunakan untuk membidik orang dan itu tidak disiapkan untuk kalangan pemerintah. McKinsey menyatakan menyelidiki bagaimana dan dengan siapa naskah itu dibagikan.

"Kami tidak pernah ditugaskan siapapun pejabat di Arab Saudi untuk membuat laporan dalam bentuk apa pun untuk menyebutkan penentang," kata McKinsey.

"Dalam pekerjaan kami dengan pemerintah, McKinsey belum dan tidak akan pernah terlibat dalam pekerjaan apa pun, yang menyasar orang berdasarkan atas pandangan mereka."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper