Menlu Indonesia dan Arab Saudi akan Bertemu Bahas Kelanjutan Kerja Sama

Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Adel Al Jubeir diagendakan bertemu dengan Menlu RI Retno Marsudi dalam kunjungan tingkat menteri di Jakarta pada 22-23 Oktober 2018.
Iim Fathimah Timorria | 18 Oktober 2018 16:24 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) dan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud berfoto bersama sebagian dari 28 tokoh lintas agama di sela-sela pertemuan di Jakarta, Jumat (3/3). - Setpres/Laily Rachev

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Adel Al Jubeir diagendakan bertemu dengan Menlu RI Retno Marsudi dalam kunjungan tingkat menteri di Jakarta pada 22-23 Oktober 2018.

“Pertemuan ini adalah hasil dari kunjungan Raja Arab Saudi tahun lalu yang merupakan bagian dari joint declaration antara kedua negara,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis (18/10).

Pertemuan kedua menteri dalam rangka sidang kerja bersama adalah yang pertama dilakukan karena sebelumnya hanya dilakukan di tingkat direktorat jenderal. Tujuan pertemuan ini adalah untuk meninjau kembali keberlanjutan berbagai kegiatan dan program kerja sama yang telah disepakati kedua negara dalam setahun terakhir.

Sejumlah isu juga akan menjadi perhatian, di antaranya soal politik dan keamanan yang menyangkut penanggulangan terorisme. Kedua menteri juga akan membahas peningkatan hubungan ekonomi dan investasi, termasuk kerja sama di bidang energi dan perikanan.

Lebih lanjut, Indonesia juga berencana mendiskusikan perluasan akses pasar untuk sejumlah komoditas ekspor buah tropis seperti manggis, salak, dan mangga. Langkah ini dilatarbelakangi status Arab Saudi sebagai mitra dagang terbesar Indonesia di Timur Tengah.

Sebagai salah satu fokus, Pemerintah Indonesia akan menyertakan pembicaraan perihal perlindungan WNI yang ada di Arab Saudi. Sebagaimana tercatat, jumlah WNI yang berada di Indonesia mencapai 608.000 orang.

Tag : indonesia, arab saudi
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top