Begini Cara Sutradara Inggris Danny Boyle Peringati Hari Gencatan Senjata

Danny Boyle Inisiasi Membuat Pantai Seni pada Peringatan Hari Gencatan Senjata (Armistice Day)
Eva Rianti | 06 Oktober 2018 07:59 WIB
Sutradara Inggris Danny Boyle - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Sutradara Inggris pemenang Oscar, Danny Boyle meminta warga Inggris untuk memperingati seratus tahun berakhirnya Perang Dunia I dengan membuat sketsa siluet pasir di pantai Inggris.

Inisiasi ini bertujuan untuk mengenang jutaan orang yang kehilangan nyawa dalam konflik mematikan itu.

Pada proyek bertajuk “Pages of the Sea” ini, seniman menggambarkan potret besar orang yang tewas dalam konflik 1914—1918 saat surut pada Hari Gencatan Senjata pada 11 November di berbagai pantai di seluruh negeri.

Masyarakat juga akan memiliki kesempatan untuk menciptakan siluet orang sebagai penghargaan kepada mereka yang meninggal dalam peristiwa yang dikenal sebagai Perang Besar ini. Mereka kemudian akan menunggu air pasang dan menghapus jejaknya.

Pages of The Sea akan menjadi momen yang unik, ketika kita akan mengucapkan selamat tinggal, bersama, kepada jutaan pria dan wanita yang meninggal selama Perang Dunia I,” ujarnya seperti dilansir dari Reuters, Jumat (5/10/2018).

Lelaki kelahiran Inggris yang melahirkan film “Trainspotting” dan “Slumdog Millionaire” ini mengatakan bahwa pantai adalah ruang publik dan tempat yang sempurna untuk berkumpul dan mengucapkan selamat tinggal terakhir dan terimakasih kepada orang-orang yang nyawanya terenggut dalam Perang Dunia I.

Adapun, penyair Skotlandia, Carol Ann Duffy nantinya akan membacakan puisi soneta yang dibuatnya dalam peringatan Armistice Day tersebut .  

Menurut catatan sejarah, diperkirakan 17 juta orang tewas dalam Perang Dunia I, sekitar satu juta diantaranya berasal dari Inggris.

Berbagai acara peringatan direncanakan digelar pada 11 November, hari ketika pertempuran berakhir di Front Barat, tepatnya pada 1918.

Tag : perang dunia ii
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top