Penerbangan di Bandara Palu Mulai Dibuka

Bandara Mutiara SIS Al Jufri Palu, Sulawesi Tengah mulai dibuka untuk penerbangan komersial sesuai dengan NOTAM no HO755/18.
Newswire | 30 September 2018 09:21 WIB
Kondisi Bandara Mutiara Sis Al Jufri yang rusak akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/9). - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Bandara Mutiara SIS Al Jufri Palu, Sulawesi Tengah mulai dibuka untuk penerbangan komersial sesuai dengan NOTAM no HO755/18.

Manajer Humas Airnav Indonesia Yohanes Sirait dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, mengatakan penerbangan saat ini menggunakan pelayanan navigasi visual VFR (Visual Flight Rules) belum bisa digunakan secara instrumen (Instument Visual Rules).

"Pembukaan untuk penerbangan komersial ini melanjutkan proses sebelumnya di mana Bandara Mutiara SIS Al Jufri, Palu telah dibuka untuk penerbangan darurat , SAR dan kemanusiaan," katanya.

AirNav Indonesia telah mengirimkan personil dari Makassar dan Balikpapan untuk memastikan layanan navigasi penerbangan di bandara Palu berjalan dengan baik guna memaksimalkan proses pemulihan pascagempa.

Gempa bumi berkekuatan 7,7 SR yang melanda Sulawesi Tengah, Jumat (29/8/2018) petang, memicu kerusakan pada fasilitas Airnav Indonesia di Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie Palu.

Ini membuat kabin tower lantai 4 di bandara tersebut roboh sehingga peralatan komunikasi dan navigasi penerbangan tidak dapat diselamatkan.

"Informasi terakhir demikian, namun saat ini belum dapat dilakukan koordinasi dengan tim Airnav Palu karena jaringan seluler tidak beroperasi," kata GM Airnav Makassar Air Traffic Service Center (MATSC), Novy Pantaryanto, kepada wartawan 28 September 2018.

Sumber : Antara

Tag : gempa, Gempa Palu
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top