Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Air Liki, Desa Terisolir Tanpa Listrik di Jambi

Dua desa di Air Liki Lama dan Air Liki Baru, Merangin, merupakan wilayah yang paling terisolir di Provinsi Jambi. Tidak ada akses transportasi, listrik, dan saluran komunikasi.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 06 September 2018  |  09:14 WIB
Desa Air Liki Lama, Merangin, Jambi./JIBI/BISNIS - Jaffry Prabu Prakoso
Desa Air Liki Lama, Merangin, Jambi./JIBI/BISNIS - Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, MERANGIN – Dua desa di Air Liki Lama dan Air Liki Baru, Merangin, merupakan wilayah yang paling terisolir di Provinsi Jambi. Tidak ada akses transportasi, listrik, dan saluran komunikasi.

 Kepala Desa Air Liki Lama Pulpi Marlinton mengatakan bahwa kondisi tersebut membuat tempat yang dia pimpin sama sekali belum merdeka.

“Meski negara ini sudah 73 tahun merdeka, tapi desa kami sama sekali tidak. Desa kami sungguh sangat terisolir,” katanya menceritakan kondisi Air Liki di kediamannya, Selasa (4/9/2018).

Pertama kali Air Liki memperoleh listrik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dari dana desa pada 2013. Bantuan tersebut digunakan untuk membuat pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH).

Meski berhasil, sumber tenaga yang dihasilkan tidak stabil untuk menghidupi 136 rumah. Cahaya lampu terlalu redup dan sering kali hidup-mati.

Saat musim kemarau tiba, listrik tidak berfungsi karena air kering sehingga tidak cukup menggerakkan turbin.

Awal tahun ini Air Liki mendapat bantuan hasil kerja sama antara Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Direktorat Jenderal Energi Baru dan Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral, serta Pemerintah Jambi.

Revitalisasi PLTMH ini menggunakan keuangan gabungan atau blended financing Badan Amil Zakat Nasional dan Bank Jambi. Penggiatan kembali ini adalah dengan membuat bendungan air yang tinggi agar persediaan air terus ada dan memperoleh listrik yang stabil.

“Semoga dengan ini kami bisa menikmati listrik setiap hari tanpa berharap musim,” ungkap Pulpi.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jambi
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top