Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Air Liki, Desa Terisolir Tanpa Listrik di Jambi

Dua desa di Air Liki Lama dan Air Liki Baru, Merangin, merupakan wilayah yang paling terisolir di Provinsi Jambi. Tidak ada akses transportasi, listrik, dan saluran komunikasi.
Desa Air Liki Lama, Merangin,  Jambi./JIBI/BISNIS/Jaffry Prabu Prakoso
Desa Air Liki Lama, Merangin, Jambi./JIBI/BISNIS/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, MERANGIN – Dua desa di Air Liki Lama dan Air Liki Baru, Merangin, merupakan wilayah yang paling terisolir di Provinsi Jambi. Tidak ada akses transportasi, listrik, dan saluran komunikasi.

 Kepala Desa Air Liki Lama Pulpi Marlinton mengatakan bahwa kondisi tersebut membuat tempat yang dia pimpin sama sekali belum merdeka.

“Meski negara ini sudah 73 tahun merdeka, tapi desa kami sama sekali tidak. Desa kami sungguh sangat terisolir,” katanya menceritakan kondisi Air Liki di kediamannya, Selasa (4/9/2018).

Pertama kali Air Liki memperoleh listrik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dari dana desa pada 2013. Bantuan tersebut digunakan untuk membuat pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH).

Air Liki, Desa Terisolir Tanpa Listrik di Jambi

Meski berhasil, sumber tenaga yang dihasilkan tidak stabil untuk menghidupi 136 rumah. Cahaya lampu terlalu redup dan sering kali hidup-mati.

Saat musim kemarau tiba, listrik tidak berfungsi karena air kering sehingga tidak cukup menggerakkan turbin.

Awal tahun ini Air Liki mendapat bantuan hasil kerja sama antara Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Direktorat Jenderal Energi Baru dan Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral, serta Pemerintah Jambi.

Revitalisasi PLTMH ini menggunakan keuangan gabungan atau blended financing Badan Amil Zakat Nasional dan Bank Jambi. Penggiatan kembali ini adalah dengan membuat bendungan air yang tinggi agar persediaan air terus ada dan memperoleh listrik yang stabil.

“Semoga dengan ini kami bisa menikmati listrik setiap hari tanpa berharap musim,” ungkap Pulpi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper