Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Desa Kuno Ditemukan di Delta Sungai Nil, Lebih Tua Dari Piramida Mesir

Desa ini merupakan bukti keberadaan manusia di daerah yang subur Tell al-Samara, di provinsi bagian utara El-Dakahlia, sekitar abad kelima Sebelum Masehi. Desa ini bahkan lebih tua dari piramida tertua yang ada di Mesir.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 September 2018  |  09:51 WIB
Desa Kuno Ditemukan di Delta Sungai Nil, Lebih Tua Dari Piramida Mesir
Sungai Nil
Bagikan

Bisnis.com, KAIRO - Tim arkeologi di Mesir menemukan salah satu desa tertua yang berasal dari zaman Neolitikum di delta Sungai Nil.

Tim gabungan dari Mesir dan Prancis menemukan reruntuhan beberapa lumbung penyimpanan besar untuk menampung hewan ternak dan tanaman, juga tembikar dan perkakas dari batu, kata keterangan dari Kementerian Barang Antik, seperti dilansir Reuters.

Temuan tersebut, seperti kata kementerian, merupakan bukti keberadaan manusia di daerah yang subur Tell al-Samara, di provinsi bagian utara El-Dakahlia, sekitar abad kelima Sebelum Masehi. Desa ini bahkan lebih tua dari piramida tertua yang ada di Mesir.

“Menganalisis material biologis yang ditemukan, memberikan gambaran yang jelas mengenai masyarakat pertama yang tinggal di Delta dan asal muasal agrikultur dan pertanian di Mesir,” kata Nadia Khedr, seorang pejabat kementerian yang bertanggung jawab untuk peninggalan Mesir, Yunani dan Romawi di Mediterania.

Metode pertanian zaman Neolitikum yang berbasis hujan mungkin memiliki petunjuk penting terhadap teknologi irigasi di sepanjang sungai Nil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mesir

Sumber : antara

Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top