Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILPRES 2019: Maruf Amin dan Fadli Zon Bertemu di Mina, Kebetulan?

Politikus Gerindra Shodiq Mujadid membenarkan koleganya, Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon, bertemu KH Ma'ruf Amin di Mina, Arab Saudi, dalam rangka silaturahim saat melaksanakan ibadah haji.
H Maruf Amin bertemu Fadli Zon dan Fahri Hamzah di Mekah/dok. Tim Ma'ruf Amin)
H Maruf Amin bertemu Fadli Zon dan Fahri Hamzah di Mekah/dok. Tim Ma'ruf Amin)

Bisnis.com, JAKARTA -  Politikus Gerindra Shodiq Mujadid membenarkan koleganya, Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon, bertemu KH Ma'ruf Amin di Mina, Arab Saudi, dalam rangka silaturahim saat melaksanakan ibadah haji.

"Ya benar, beda pilihan politik tidak harus putus silaturahim. Apalagi ini sedang sama-sama melaksanakan rangkaian ibadah haji mabit di Mina," katanya melalui pesan singkat kepada Antara, di Jakarta, Kamis (23/8/2018).

Ma'ruf Amin tidak hanya bertemu dengan Fadli Zon namun juga dengan sejumlah politikus lainnya dalam penyelenggaraan ibadah haji tersebut.

Calon anggota legislatif asal PDIP Kapitra Ampera menyampaikan dirinya bertemu dengan KH Ma'ruf Amin saat di masjid di Mekah.

"Ketemu di masjid, kebetulan saja ketemu," kata aktivis 212 tersebut melalui pesan singkat.

Sementara itu, secara umum, kehadiran KH Ma`ruf Amin di Tanah Suci memenuhi undangan salah satu penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) guna mengisi khutbah untuk JCH yang wukuf di Arafah.

Wukuf Arafah yaitu amalan rukun haji yang menyuruh umat Islam yang berhaji untuk berdiam diri dan memperbanyak ibadah di Padang Arafah.

Jamak berlaku bahwa PIHK mengundang tokoh-tokoh tertentu untuk mengisi khutbah wukuf bagi jamaah biro travel haji terkait.

PIHK memiliki keleluasaan untuk mengatur berbagai jadwal bagi jamaah calon hajinya. Sementara bagi haji reguler, pengisi khutbah wukuf biasanya ditunjuk langsung oleh Kementerian Agama.

Kapasitas Ma`ruf sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia menjadi kredit tersendiri sehingga PIHK terkait mengundang Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu.

Sementara Fadli Zon, yang juga Wakil Ketua DPR datang bersama dengan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah ke Tanah Suci untuk memantau penyelenggaraan pelayanan bagi jamaah haji Indonesia.

"Ndak, ndak ada urusan politik. Kami ke sini untuk beribadah dan melakukan fungsi-fungsi pengawasan," kata Fahri sebagaimana dikutip Media Center Haji di Mekah, Rabu (15/8).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper