Pileg dan Pilpres 2019: Polri Belum Bergabung Dengan Kejaksaan di Gakkumdu

Mabes Polri belum mengerahkan personel untuk masuk ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dan membantu penyelenggara serta pengawas Pemilu dalam mengawasi pelanggaran Pilpres dan Pileg 2019.
Sholahuddin Al Ayyubi | 22 Agustus 2018 14:59 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto - Antara/Hafidz Mubarak

Bisnis.com, JAKARTA--Mabes Polri belum mengerahkan personel untuk masuk ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dan membantu penyelenggara serta pengawas Pemilu dalam mengawasi pelanggaran Pilpres dan Pileg 2019.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto mengungkapkan Kepolisian masih memfokuskan diri untuk melakukan pengamanan sejumlah momentum penting yang diselenggarakan di Indonesia. Menurut Setyo, momentum itu di antaranya adalah Paragames dan Asian Games, Hari Raya Natal dan Tahun Baru serta sejumlah pengamanan lainnya.

"Sementara ini, kami fokus pada kegiatan yang ada di depan mata seperti pengamanan Paragames bulan Oktober nanti, Giat Natal dan Tahun Baru dan masih banyak pengamanan lainnya," tuturnya kepada Bisnis, Rabu (22/8/2018).

Menurut Setyo, Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian masih belum menginstruksikan tentang perencanaan operasi Pemilu 2019.

Setyo menilai harus ada koordinasi yang matang sebelum Polri masuk ke Gakkumdu, seperti berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu dan para pemangku kepentingan terkait.

"Jadi sampai saat ini belum sampai perencanaan operasi pemilu. Harus dikoordinasikan dulu dengan KPU dan pemangku kepentingan yang lain," kata Setyo.

Tag : polri, Pilpres 2019, Pileg 2019
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top