Haji 2018 : Sektor Khusus Masjidil Haram Layani Jemaah 24 Jam

Sektor Khusus di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi bekerja selama 24 jam untuk melayani jamaah calon haji Indonesia dengan layanan seperti membantu jamaah tersesat, gangguan kesehatan dan lainnya.
Rustam Agus | 24 Juli 2018 12:54 WIB

Bisnis.com, MEKKAH--Sektor Khusus di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi bekerja selama 24 jam untuk melayani jamaah calon haji Indonesia dengan layanan seperti membantu jamaah tersesat, gangguan kesehatan dan lainnya.

Kepala Sektor Khusus, Slamet Budiono di Mekkah, Selasa mengatakan petugas sektor khusus bekerja dalam dua shift masing-masing 12 jam yaitu pukul 09.00-21.00 WAS dan 21.00-09.00 WAS.

"Seksus Masjidil Haram terbagi empat pos yakni pertama pos Marwah, kedua pos Thawaf di lantai dasar, lantai satu dan dua, ketiga pos di King Abdul Aziz Gate dan keempat pos di lantai 3 Tower Zamzam," katanya, tulis Antara.

Dia mengatakan Seksus mulai bekerja aktif pada 26 Juli 2018 pukul 00.00 WAS atau di saat jamaah kloter gelombang I pertama kalinya berada di Mekkah setelah bergerak dari Madinah.

Unit yang berada di Sektor 12 Mekkah itu diisi 17 petugas. Nantinya anggota tim akan bertambah seiring kedatangan tenaga musiman yang salah satunya berasal dari mahasiswa yang menempuh studi di kawasan Timur Tengah.

Slamet mengatakan Seksus bekerja membantu jamaah agar tidak kebingungan saat keluar masuk di Masjidil Haram yang memiliki banyak pintu.

"Jamaah terkadang lupa untuk masuk dan keluar dari pintu yang sama. Ada juga sistem buka tutup di pintu-pintu Masjidil Haram karena membludaknya jamaah yang kadang membuat jamaah semakin bingung dan bisa tersesat," kata dia.

Selain itu, dia mengatakan petugas Sektor Khusus akan membantu jamaah yang bermasalah dengan kesehatan dan kebugaran untuk melaksanakan rukun haji.

Rukun haji sendiri merupakan amalan-amalan haji yang harus dilaksanakan dan apabila ditinggalkan salah satunya maka hajinya tidak sah.

Adapun rukun haji di antaranya Ihram, Wukuf, Thawaf, Sai dan Tahallul (bercukur).

"Nantinya jika jamaah tadi belum Thawaf atau Sai akan dibantu menyelesaikan kedua ibadah tersebut," kata dia.

Tag : Ibadah Haji
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top