Kontribusi Indonesia dalam Upaya Perdamaian untuk Afghanistan Diapresiasi Dunia

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kontribusi Indonesia dalam upaya menciptakan perdamaian di Afghanistan sangat diapresiasi oleh dunia.
Rahmad Fauzan | 13 Juli 2018 23:55 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan keterangan seputar pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Chied Officer SAR Hong Kong Carrie Lam di Istana Merdeka, Rabu (25/4/18) - Bisnis / David Eka Issetiabudi

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kontribusi Indonesia dalam upaya menciptakan perdamaian di Afghanistan sangat diapresiasi oleh dunia.

Adapun, Deklarasi Bogor yang disepakati pada Mei 2018 lalu di Bogor, menjadi acuan di Konferensi Internasional Ulama Sedunia untuk Perdamaian dan Keamanan di Afganistan yang berlangsung di Jeddah, Arab Saudi, Selasa (10/7/2018).

"Dari pertemuan trilateral di Bogor, dunia melihat  Indonesia berkontribusi untuk perdamaian di Afganistan," ujar Retno Marsudi dalam perjalanan menuju Bandung, Jawa Barat.

Seperti diketahui, pertemuan antara para ulama yang mewakili Indonesia, Afghanistan, dan Pakistan pada Mei 2018 tersebut diprakarsai oleh Presiden Joko Widodo.

"Paling berarti dari pertemuan trilateral ini adalah adanya usaha untuk menciptakan confidence building antara Afganistan dan Pakistan," lanjut Retno.

Selain itu, Menteri Retno berharap agar perjuangan para ulama dalam membangun rasa aman dan nyaman di Afghanistan bermuara di perdamaian.

"Para ulama terutama, agar dengan confidence building, akan tercipta suasana yang lebih baik dan mengarah pada perdamaian di Afganistan," ujarnya

Tag : Perdamaian Dunia
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top