PAN Persilakan Gerindra Beri Mandat Capres ke Anies Baswedan

Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengaku partainya tidak mempersoalkan, jika Gerindra mengalihkan mandat dari Prabowo Subianto ke Anies Baswedan sebagai calon Presiden (Capres) 2019.
John Andhi Oktaveri | 07 Juli 2018 06:33 WIB
Anies Baswedan dan Jusuf Kalla - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengaku partainya tidak mempersoalkan, jika Gerindra mengalihkan mandat dari Prabowo Subianto ke Anies Baswedan sebagai calon Presiden (Capres) 2019.

"Kalau misalkan Pak Prabowo menyerahkan mandat itu kepada Anies, ya bagus juga," kata Yandri, Jumat (6/7/2018).

Dia juga mengatakan, kalau Prabowo tetap mau maju kemudian berpasangan dengan Zulkifli atau Anies pihaknya juga tidak terlalu masalah. PAN, kata dia, siap mengonkretkan semua kemungkinan capres dan cawapres untuk Pilpres 2019 bersama Gerindra. Pasalnya, PAN telah mempertimbangkan nama Anies maju pada Pilpres 2019, baik sebagai capres atau cawapres.

"Nama Anies sekarang sedang dimatangkan dengan partai koalisi, tapi nanti apakah Anies menjadi wakilnya Pak Prabowo, saya kira PAN juga enggak terlalu keberatan," katanya.

Sedangkan Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid menilai munculnya nama Anies Baswedan merupakan bagian dari aspirasi yang berkembang di antara partai politik. Anies dikabarkan bakal disunting Partai Gerindra menggantikan Prabowo Subianto menjadi calon Presiden 2019.

Aspirasi tersebut, kata dia, masih dibahas di tingkat pimpinan dan partai koalisi. Hingga hari ini pun parpol masih terus melakukan komunikasi.

"Semuanya aspirasi, itu yang akan dibicarakan pada tingkat komunikasi antarpimpinan partai karena memang untuk capres itu kan dicalonkan oleh parpol atau gabungan parpol yang memenuhi 20 persen Presidential Threshold," ujar Hidayat.

Hidayat enggan berbicara lebih jauh mengenai wacana pencalonan Anies tersebut. Wakil Ketua MPR ini hanya menegaskan bahwa partainya akan menghadirkan calon presiden selain Presiden Joko Widodo (Jokowi) walaupun bukan Prabowo Subianto.

 

Tag : Pilpres 2019
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top