Menlu Retno dan Menlu Belanda Bahas Kerja Sama Bidang Ekonomi

Dalam kunjungan perdananya ke Indonesia Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok membahas kerja sama ekonomi dan wisata.
Muhammad Ridwan | 03 Juli 2018 15:54 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (3/7). - JIBI/M Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam kunjungan perdananya ke Indonesia Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok membahas kerja sama ekonomi dan wisata.

Selain membahas kerja sama keamanan, dan, deradikalisasi, serta pemberantasan narkoba. Kedua menlu tersebut membahas kerja sama bidang ekonomi.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan, Belanda merupakan negara investor terbesar nomor 7 di Indonesia dengan nilai investasi US$1,5 miliar pada tahun 2017, dan memiliki proyek sebanyak 871.

Kunjungan turis Belanda ke Indonesia mengalami peningkatan.

“Turis Belanda juga meningkat 5,31 persen dan mencapai 205.844, lebih dari 200.000 turis," ujar Menlu Retno di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Retno menambahkan, Belanda adalah salah satu rekan penting Indonesia dalam kerja sama bidang ekonomi di kawasan Eropa.

“Perdagangan bilateral meningkat 27,3% di tahun 2017,” ujar Retno.

Dalam kesempatan tersebut juga dibahas isu diskriminasi minyak sawit (CPO) untuk menjadi perhatian penting Menlu Belanda, karena CPO merupakan salah satu ekspor terbesar Indonesia ke Belanda.

Tag : kemenlu
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top