Korut akan Pulangkan Jasad Pasukan AS Era Perang Korea

Korea Utara akan memulai proses penyerahan jasad pasukan asing, termasuk yang berasal dari AS yang dinyatakan hilang dalam Perang Korea, menurut sejumlah pejabat.
John Andhi Oktaveri | 20 Juni 2018 13:24 WIB
Korut akan menyerahkan jasad itu secepatnya kepada Komando PBB di Korea Selatan (Korsel) sebelum dipindahkan ke Hickam Air Force Base di Hawaii. - .Reuters/Mike Segar

Bisnis.com, JAKARTA— Korea Utara akan memulai proses penyerahan jasad pasukan asing, termasuk yang berasal dari AS yang dinyatakan hilang dalam Perang Korea, menurut sejumlah pejabat.

Para pejabat yang tidak mau disebutkan namanya itu menyatakan Korut akan menyerahkan jasad itu secepatnya kepada Komando PBB di Korea Selatan (Korsel) sebelum dipindahkan ke Hickam Air Force Base di Hawaii.

Seorang pejabat tersebut menyatakan “beberapa jasad” akan diserahkan tanpa memerinci jumlahnya. 

Disebutkan bahwa dibutuhkan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun sebelum jasad pasukan tersebut teridentifikasi dengan baik, menurut sejumlah pejabat sebagaimana dikutip Reuters, Rabu (20/6/2018).

Presiden AS, Donald Trump bertemu dengan pemimpin Korut, Kim Jong-un pada KTT di Singapura beberapa waktu lalu. Dalam konferensi pers usai KTT, Trump mengatakan bahwa Korut sepakat untuk mengembalikan jasad pasukan AS.

“Pihak keluarga menginginkan jasad para orang tua mereka dan semua yang terlibat dalam perang brutal dikembalikan,” ujar Trump.

Sekitar 7.700 jasad pasukan AS yang terlibat Perang Korea selama 1950 hingga 1953 masih berada di sana, menurut data militer AS.

Menurut Pentagon, pejabat Korut pernah mengakui memiliki 200 jasad pasukan AS yang sudah diidentifikasi. Lebih dari 36.500 orang serdadu AS tewas dalam perang tersebut.

 

Tag : Donald Trump
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top