Bayer Tutup Akuisisi Monsanto

Saham perusahaan AS tersebut tidak akan lagi diperdagangkan di Bursa Efek New York karena sekarang Bayer merupakan adalah satu-satunya pemilik Monsanto.
Agne Yasa | 12 Juni 2018 23:45 WIB
Ilustrasi - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bayer telah berhasil menyelesaikan akuisisi Monsanto pada Kamis (7/6/2018) pekan lalu.

Saham perusahaan AS tersebut tidak akan lagi diperdagangkan di Bursa Efek New York karena sekarang Bayer merupakan adalah satu-satunya pemilik Monsanto.

Saham Monsanto telah dibeli dari para para pemegang sahamnya dengan harga 128 dolar AS per lembar saham. J.P. Morgan membantu Bayer dalam memproses pembayaran harga pembelian dalam proses akuisisi terbesar dalam sejarah perusahaan ini.

Menurut persetujuan bersyarat dari Departemen Kehakiman Amerika Serikat, integrasi Monsanto kepada Bayer dapat terjadi segera setelah divestasi ke BASF telah selesai. Proses integrasi ini diharapkan akan dimulai sekitar dua bulan.

“Ini adalah hari yang luar biasa, bagi pelanggan kami, para petani di seluruh dunia karena kami akan dapat membantu meningkatkan hasil panen mereka dengan lebih baik; bagi pemegang saham kami, transaksi ini memiliki potensi untuk menciptakan nilai yang signifikan; dan bagi konsumen dan masyarakat yang lebih luas, dengan akuisisi ini kami akan memiliki posisi yang lebih baik untuk membantu para petani dunia untuk menghasilkan makanan yang lebih sehat dan terjangkau secara berkelanjutan. Sebagai mesin inovasi terkemuka di bidang pertanian, kami menawarkan karyawan di seluruh dunia pekerjaan yang menarik dan peluang pengembangan,” kata Werner Baumann, Chairman of the Bayer Board of Management, melalui keterangan resminya, Selasa (12/6/2018).

Lebih lanjut, katanya, target keberlanjutan adalah sama pentingnya seperti target keuangan bagi pihaknya.

"Sebagai pemimpin di industri ini, kami bertujuan untuk memenuhi tanggung jawab dengan memperdalam dialog kami dengan masyarakat.”

Hugh Grant, Chariman dan CEO Monsanto yang mengundurkan diri, mengatakan penutupan akusisi tersebut merupakan tonggak penting menuju visi menciptakan perusahaan pertanian terkemuka, mendukung petani dalam upaya mereka untuk menjadi lebih produktif dan berkelanjutan bagi kelestarian planet kita dan konsumen.

"Saya bangga dengan fondasi jalan yang telah kita buat sebagai Monsanto dan menantikan perusahaan gabungan dapat membantu memajukan pertanian modern.”

Liam Condon, anggota Bayer Board of Management, akan memimpin Divisi Crop Science ketika integrasi dimulai. Hingga proses divestasi selesai dilakukan dengan BASF, Monsanto akan beroperasi secara independen dari Bayer.

Tag : bayer
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top