Harga Konsumen AS Mei Naik Tipis Sesuai Harapan

Harga konsumen AS naik tipis pada Mei 2018 di tengah perlambatan laju kenaikan biaya bensin, ini menunjuk adanya tekanan inflasi moderat.
Martin Sihombing | 12 Juni 2018 19:41 WIB
Suasana di Bursa Amerika Serikat - Reuters

Bisnis.com, WASHINGTON - Harga konsumen AS naik tipis pada  Mei 2018 di tengah perlambatan laju kenaikan biaya bensin, ini menunjuk adanya  tekanan inflasi moderat.

Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada  Selasa (12/6/2018) Indeks Harga Konsumen meningkat 0,2%  juga karena harga makanan tidak berubah. Itu mengikuti kenaikan serupa di CPI pada  April. Dalam 12 bulan hingga Mei, CPI meningkat 2,8%, kenaikan terbesar sejak Februari 2012, setelah naik 2,5% pada April.

Tidak termasuk komponen makanan dan energi yang mudah menguap, CPI naik 0,2%, didukung oleh rebound dalam harga kendaraan bermotor baru dan kenaikan biaya perawatan kesehatan, setelah merayap naik 0,1%  pada April. Itu mengangkat peningkatan year on year  dalam  CPI inti menjadi 2,2%, kenaikan terbesar sejak Februari 2017, dari 2,1% pada April.

Langkah-langkah inflasi tahunan meningkat karena tafsiran yang lemah pada tahun lalu jatuh dari perhitungan. Para ekonom telah memperkirakan CPI dan CPI inti naik 0,2%  pada  Mei.

Data inflasi diterbitkan menjelang dimulainya pertemuan kebijakan dua hari Federal Reserve pada hari Selasa. Bank sentral AS melacak ukuran inflasi yang berbeda, yang tepat di bawah target 2%.

The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga untuk kedua kalinya tahun ini pada  Rabu. Ekonom terbagi pada apakah pembuat kebijakan akan memberi sinyal kenaikan suku bunga lebih satu atau dua dalam pernyataan mereka yang menyertai keputusan suku bunga.

Ukuran inflasi yang disukai Fed, pengeluaran konsumsi pribadi indeks harga tidak termasuk makanan dan energi naik 1,8%  pada basis tahun ke tahun pada April, sesuai dengan peningkatan  Maret.

Para ekonom memperkirakan indeks harga PCE  inti akan menembus target 2%  tahun ini. Pejabat Fed mengindikasikan mereka tidak akan terlalu khawatir dengan inflasi yang melampaui target.

Bulan lalu, harga bensin naik 1,7%  setelah melonjak 3,0%  pada April. Harga makanan tidak berubah pada Mei setelah naik 0,3%  pada bulan sebelumnya. Makanan yang dikonsumsi di rumah turun 0,2%.

Pemilik setara sewa rumah utama, yang adalah apa pemilik rumah akan membayar untuk menyewa atau menerima dari menyewa rumah, naik 0,3%  bulan lalu setelah meningkat 0,3%  pada  April. Sewa penyewa meningkat 0,3%  setelah naik 0,4%  pada April.

Biaya perawatan kesehatan naik 0,2 % setelah naik 0,1% pada April. Harga untuk kendaraan bermotor baru naik 0,3% setelah meluncur 0,5% pada April.

Sumber : Reuters

Tag : amerika serikat
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top