Ketua DPR: Tingkatkan Pengamanan Tempat Ibadah

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta aparat kepolisian dan aparat keamanan lainnya dapat meningkatkan pengamanan di tempat ibadah, obyek vital negara, pusat keramaian, dan sarana publik lainnya, khususnya selama bulan Ramadan dan Idulfitri.
Newswire | 18 Mei 2018 14:07 WIB
Ketua DPR Bambang Soesatyo menyampaikan pidato saat Rapat Paripurna ke-19 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/3/2018). - ANTARA/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Pengamanan tempat ibadah menjadi hal penting yang harus dilakukan aparat selain pengamanan sejumlah lokasi lainnya.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta aparat kepolisian dan aparat keamanan lainnya dapat meningkatkan pengamanan di tempat ibadah, obyek vital negara, pusat keramaian, dan sarana publik lainnya, khususnya selama bulan Ramadan dan Idulfitri.

"Saya minta pengamanan di tempat-tempat tersebut dapat ditingkatkan serta berkelanjutan selama bulan Ramadan dan Idulfitri," kata Bambang Soesatyo saat menyampaikan pidato pada rapat paripurna pembukaan masa persidangan V tahun 2017-2018 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Pada kesempatan tersebut, Bambang Soesatyo juga menyatakan apresiasi dan memberikan dukungan kepada pihak kepolisian dan aparat keamanan lainnya, atas kesigapannya melumpuhkan aksi terorisme di Surabaya dan Pekanbaru, serta menangkap terduga anggota jaringan terorisme di beberapa daerah.

Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, tidak mudah terprovokasi, dan tidak ikut menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya.

"Masyarakat juga agar aktif berpartisipasi melaporkan kepada aparat keamanan, jika mengetahui ada kegiatan atau ada orang yang mencurigakan di lingkungannya masing-masing," katanya.

Terkait pengamanan narapidana teroris, menurut Bamsoet, DPR RI mendesak Kementerian Hukum dan HAM dan Pimpinan Polri segera melakukan evaluasi sistem pengamanan narapidana teroris, sehingga tidak terulang lagi peristiwa di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, pada pekan lalu.

Kepada Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Bamsoet juga meminta untuk meningkatkan upaya pencegahan dan antisipasi terhadap segala bentuk aksi terorisme serta pembinaan atau deradikalisasi bagi pelaku yang sudah tertangkap beserta seluruh keluarganya.

Politisi Partai Golkar ini menyatakan, Indonesia kembali berduka setelah peristiwa di rutan cabang Salemba di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, kemudian serangkaian aksi terorisme terjadi di kota Surabaya serta di Mapolda Riau.

Sumber : Antara

Tag : bom, terorisme
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top