Donald Trump dan Kim Jong Un Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh Dunia

Majalah Time kembali meluncurkan daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia alias Time 100. Siapa saja yang masuk dalam daftar tersebut tahun ini?
Annisa Margrit | 20 April 2018 08:25 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) dan Presiden AS Donald Trump masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh dunia tahun ini versi Time. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Majalah Time kembali meluncurkan daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia alias Time 100. Siapa saja yang masuk dalam daftar tersebut tahun ini?

Time membagi daftar tersebut dalam lima kategori yaitu pioneers, artists, leaders, icons, dan titans. Tokoh-tokoh dari seluruh dunia dan dari berbagai latar belakang masuk dalam daftar tersebut, mulai dari selebritis, kepala negara, investor, hingga atlit dan peneliti.

Mereka dinilai berperan penting di tengah situasi global yang sangat dinamis saat ini dan mampu memberikan pengaruh besar terhadap orang lain, apapun sektornya.

Time 100 tahun ini dirilis pada Kamis (19/4/2018) waktu setempat. Para tokoh yang terpilih tidak hanya dipertimbangkan peran dan dampak dari hal-hal yang mereka lakukan, tapi dilihat kembali apakah tahun ini merupakan momen yang tepat bagi mereka.


Mohammed bin Salman.

"Tahun ini banyak hal yang terjadi, termasuk dalam hal hubungan antara AS dengan China, Korea Utara (Korut), dan Iran," ujar Edward Felsenthal dari Time, seperti dikutip Bisnis.

Dalam lingkup yang lebih luas, lanjutnya, situasi ekonomi dan keamanan global juga berada dalam momen yang berbahaya.

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong Un turut masuk dalam daftar ini. Di sisi lain, ada pula sekelompok anak muda AS yang menjadi korban aksi penembakan di sekolah mereka dan sekarang memimpin gerakan mendukung pengetatan kepemilikan senjata api.

Nama-nama lainnya termasuk Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau, aktris muda Millie Bobbie Brown, penyanyi Rihanna, petenis Roger Federer, dan CEO SoftBank Masayoshi Son.

Sinta Nuriyah.

Sinta Nuriyah, istri mantan Presiden Abdurrahman Wahid, juga tercatat dalam Time 100 tepatnya di kategori icons. Tokoh Indonesia lain yang pernah masuk dalam daftar ini di antaranya mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009 dan Presiden Joko Widodo pada 2015.

Felsenthal menyebutkan ada 45 orang berusia di bawah 40 tahun yang masuk dalam daftar tahun ini, sekaligus menjadi rekor tersendiri. Selain itu, jumlah tokoh perempuan pada tahun ini pun menjadi yang terbanyak dalam sejarah Time 100, yakni 45 orang.

"Pengaruh seseorang tidak mengenal batas lokasi dan usia," tambahnya.

Berikut daftar lengkap 100 orang paling berpengaruh tahun ini versi Time:
Kategori pioneers:
Tiffany Haddish; Cameron Kasky, Jaclyn Corin, David Hogg, Emma Gonzalez, dan Alex Wind; Kumail Nanjiani; Cardi B; Nice Nailantei Leng'ete; Chloe Kim; Carl June; Jan Rader; Peggy Whitson; Issa Rae; Bhavish Aggarwal; Jesmyn Ward; Ruth Davidson; Whitney Wolfe Herd; Marica Branchesi; Ann McKee; Trevor Noah; Jian-Wei Pan

Millie Bobby Brown.

Kategori artists:
Nicole Kidman; Hugh Jackman; Gal Gadot; Ryan Coogler; Sterling K. Brown; Millie Bobby Brown; Kehinde Wiley; Christian Siriano; Lena Waithe; Greta Gerwig; Roseanne Barr; Shawn Mendes; Guillermo del Toro; Deepika Padukone; JR; Jimmy Kimmel; Judy Chicago; John Krasinski

Kategori leaders:
Satya Nadella; Donald Trump; Pangeran Harry; Meghan Markle; Carmen Yulín Cruz; Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman; Sadiq Khan; Justin Trudeau; Xi Jinping; Sean Hannity; J.J. Watt; Robert Mueller; Kenneth C. Frazier; Nancy Pelosi; Kim Jong Un; Leo Varadkar; Emmerson Mnangagwa; Jacinda Ardern; Savannah Guthrie dan Hoda Kotb; Shinzo Abe; Sheikh Hasina; Jeff Sessions; Moon Jae In; Emmanuel Macron; Mauricio Macri; Scott Pruitt; Haider Al Abadi

Pangeran Harry dan Meghan Markle.

 

Kategori icons:
Jennifer Lopez; Chadwick Boseman; Rihanna; Adam Rippon; Tarana Burke; Cristina Jiménez; Janet Mock; Kesha; Kevin Kwan; Ronan Farrow, Jodi Kantor, dan Megan Twohey; Maxine Waters; Sinta Nuriyah; Rachael Denhollander; Daniela Vega; Virgil Abloh; Christopher Wylie

 

Kategori titans:
Roger Federer; Oprah Winfrey; Jeff Bezos; Cindy Holland; Kevin Durant; Elon Musk; Sonia Friedman; Giuliano Testa; Masayoshi Son; Elizabeth Diller; Virat Kohli; Adam Neumann; Pony Ma; José Andrés

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tokoh

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top