SNMPTN 2018: Pendaftar di ITS 20.617 Orang, Berapa Yang Lulus?

Total pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 yang memilih Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada tahun ini, mengalami kenaikan sebesar 26%, dari tahun sebelumnya sebanyak 11.573 pendaftar naik menjadi 20.617 pendaftar.
Yusran Yunus | 17 April 2018 08:48 WIB
Siswa mendaftar SNMPTN - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Total pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 yang memilih Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada tahun ini, mengalami kenaikan sebesar 26%, dari tahun sebelumnya sebanyak 11.573 pendaftar naik menjadi 20.617 pendaftar.

Sebagaimana dikutip dari laman its.ac.id, pada tahun lalu dari 11.573 pendaftar, hanya 1.059 pendaftar yan diterima di ITS.

“Seleksi SNMPTN di ITS dilakukan dengan ketat dan teliti kepada setiap penerimaan calon mahasiswa baru,” kata Dr.Eng.Siti Machmudah ST M Eng, anggota tim penerimaan mahasiswa baru ITS.

Machmudah mengungkap sebab kenaikan peminat kampus ITS pada tahun ini dikarenakan kualitas kampus ITS yang semakin meningkat semenjak diangkat menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

Selain itu, semakin banyaknya prestasi yang dihasilkan kampus ITS, dan alumni yang banyak diterima kerja oleh beberapa perusahaan terkenal.

“Hal ini mendongkrak animo khususnya calon mahasiswa baru untuk memilih ITS,” katanya.

Machmudah menjelaskan, dari 20.617 pendaftar SNMPTN ITS, sebanyak 10.165 orang memilih ITS sebagai pilihan pertama. Sisanya pilihan kedua dan ketiga.

Departemen yang paling banyak diminati pada tahun ini masih sama seperti tahun lalu yakni Departemen Teknik Informatika. Sedangkan departemen paling sedikit peminatnya yakni Double Degree Teknik Sistem Perkapalan.

Dari keseluruhan pendaftar SNMPTN ITS, sebanyak 2.343 pendaftar melalui jalur Bidikmisi. Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada calonn mahasiswa yang memiliki latar belakang tidak mampu secara ekonomi, namun mampu secara akademik.

Pengumuman SNMPTN 2018 yang akan dilakukan dalam beberapa jam ke depan, akan mengungkap berapa banyak dari 20.617 pendaftar di ITS yang lulus, diterima masuk di ITS.

Tag : pengumuman snmptn
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top