Ayo Insan Kreatif, Ikuti Lomba Kreasi Pancasila yang Digelar BPIP

Bisnis.com, JAKARTA--- Dalam rangka menyambut Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2018, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan Lomba Kreasi Pancasila.
Yodie Hardiyan | 11 April 2018 17:30 WIB
Ketua Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Yudi Latif (kanan) didampingi rohaniawan yang juga pengamat sosial Romo Benny Susetyo (kedua kanan) berjalan keluar gedung seusai melakukan pertemuan dengan pimpinan KPK, di Jakarta, Rabu (9/8). - ANTARA/M Agung Rajasa

Kabar24.com, JAKARTA — Menyambut Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2018, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan Lomba Kreasi Pancasila.

Lomba Kreasi Pancasila ini terdiri atas Lomba Yel-Yel Pancasila, Lomba Meme Pancasila, Lomba Foto Instagram Pancasila, Lomba Film Pendek Pancasila, Lomba Esai Pancasila, dan Lomba Cipta Lagu Pancasila.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudi Latief mengatakan menyambut peringatan Hari Pancasila 1 Juni 2018 kali ini pihaknya sengaja ingin menghadirkan Pancasila dalam iklim kreatif.

“Jika tahun lalu dalam peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan dengan Pekan Pancasila, maka tahun ini BPIP ingin peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan mulai dari 1 Juni hingga 18 Agustus 2018,” kata Yudi di Gedung Sayap Timur Komplek Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Jakarta, Rabu (11/4/2018) seperti disampaikan dalam keterangan tertulis.

Pemilihan waktu 1 Juni hingga 18 Agustus itu, menurut Yudi, karena sepanjang tanggal tersebut banyak momen historis bahwa perumusan Pancasila itu tidak sekali jadi, namun merupakan sebuah proses yang panjang. Dengan begitu semangatnya adalah semangat inklusif.

“Jadi kita ingin segala proses-proses yang menyangkut lahirnya Pancasila itu kita hargai semua momen-momen historisnya. Jadi dimulai dari kelahirannya di 1 Juni, proses di 22 Juni, dan disahkan di 18 Agustus,” kata Yudi.

Lebih lanjut, Kepala BPIP menyampaikan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini selain bertaut dengan menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI, juga bertaut dengan bulan puasa dan penyelenggaraan Asian Games, serta tahun politik.

“Ditarik dari itu, BPIP mengambil satu pikiran yang diharapkan kita bisa melalui momen-momen puasa, momen-momen tahun politik, menjelang kemerdekaan, menjelang Asian Games ini bagaimana tensi dan ketegangan di ruang publik bisa didinginkan,” kata Yudi.

BPIP, lanjut Yudi Latif, mengusulkan sebuah tema yang diharapkan mampu menjahit rangkaian kegiatan tersebut yang bertaut dengan Hari Lahir Pancasila, yaitu “Kita Pancasila: Bersatu Berbagi”.

“Tema peringatan ini melanjutkan dari tema peringatan tahun lalu, yaitu Saya Indonesia, Saya Pancasila,” katanya.

Tag : pancasila, hari lahir pancasila
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top