Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Survei Kerukunan Umat Beragama Kemenag: Hasilnya Di Angka 72,27, Masih Baik

Hasil Survei Nasional Kerukunan Umat Beragama yang dilakukan Badan Penelitian Pengembangan dan Pendidikan Pelatihan Kementerian Agama menunjukkan Indeks Kerukunan Umat Beragama di Indonesia pada 2017 berada di angka 72,27.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Maret 2018  |  12:11 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan saat bertemu tokoh-tokoh agama yang tergabung dalam Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama saat pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/5). - Antara/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan saat bertemu tokoh-tokoh agama yang tergabung dalam Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama saat pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/5). - Antara/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA -  Hasil Survei Nasional Kerukunan Umat Beragama yang dilakukan Badan Penelitian Pengembangan dan Pendidikan Pelatihan Kementerian Agama menunjukkan Indeks Kerukunan Umat Beragama di Indonesia pada 2017 berada di angka 72,27.

"Kami bersyukur hasil survei masih baik, di atas angka 70 dan dikategorikan baik," kata Kepala Balitbang dan Diklat Kementerian Agama Abdurrahman Mas'ud di Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Abdurrahman mengatakan penelitian tersebut bukan satu-satunya yang dilakukan di Indonesia. Masih banyak penelitian lain dengan hasil yang beragam.

Namun, seperti halnya penelitian lain, Abdurrahman menyatakan tim peneliti Kementerian Agama siap mempertanggungjawabkan hasil survei tersebut secara akademik.

"Kami bukan bermaksud menyatakan hasil penelitian ini yang terbaik di antara penelitian lainnya," ujarnya.

Survei Nasional Kerukunan Umat Beragama 2017 dilakukan pada 7 Desember hingga 20 Desember di 31 provinsi, baik di kota yang termasuk ibu kota maupun kota satelit.

Survei dilakukan terhadap 7.140 responden yang berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah dengan metode "Multistage Clustered Random Sampling" dengan ambang batas kesalahan 1.046 persen dan tingkat kepercayaan 99,6 persen.

Indeks Kerukunan Umat Beragama Indonesia 2017 72,27 yang menunjukkan kondisi kerukunan umat beragama di Indonesia adalah baik.

Indeks tersebut diperoleh dari hasil pengukuran tiga indikator, yaitu toleransi (70,91), kesetaraan (72,38) dan kerja sama (73,51). (

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kerukunan beragama

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top