Target IZI Salurkan ZIS Rp35 Miliar Selama Ramadan 2018

Lembaga amil zakat nasional Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) meluncurkan program Booking Berkah Ramadhan untuk membantu sekitar 73.200 orang duafa (lemah) selama bulan puasa tersebut.
Nurudin Abdullah | 20 Maret 2018 21:25 WIB
Direktur Edukasi dan Kemitraan Zakat IZI, Rully Barlian Thamrin (kiri) dan Direktur Operasional IZI Suharyanto (kanan) mengamati salah satu media sosialisasi program Booking Berkah Ramadhan, di Jakarta, Selasa (20/3/2018). - JIBI/Nurudin Abdullah

Bisnis.com, JAKARTA-Lembaga amil zakat nasional Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) meluncurkan program Booking Berkah Ramadhan untuk membantu sekitar 73.200 orang duafa (lemah) selama bulan puasa tersebut.

Kegiatan program tersebut diharapkan dapat menghimpun dana zakat, infak dan sedekah mencapai sekitar Rp35 miliar untuk disalurkan kepada 73.200 duafa di sejumlah wilayah terluar, termiskin dan tertinggal di Indonesia.

Direktur Edukasi dan Kemitraan Zakat IZI, Rully Barlian Thamrin, mengatakan pihaknya sengaja mensosialisasikan program Booking Berkah Ramadhan itu jauh hari sebelum bulan puasa Ramadan, mulai pertengahan Mei 2018.

“Tujuannya untuk mengingatkan para muzaki (donatur) agar merencanakan, menyiapkan, dan menyalurkan zakat, infak dan sedekah (ZIS) mereka sedini mungkin,” katanya, Selasa (20/3/2018).

Menurutnya, para muzaki biasanya baru menyalurkan ZIS pada awal hingga akhir Ramadan, sehingga donasi yang terhimpun baru bisa disalurkan pertengahan bulan puasa. Padahal para duafa sudah memerlukan bantuan itu sejak awal Ramadan.

Untuk itu, lanjutnya, dengan program Booking Berkah Ramadhan diharapkan donasi bisa disalurkan lebih awal sehingga para duafa merasa lebih tenang, bahagia, dan lebih khusyu menjalani ibadah puasa dan menyambut hari raya Idul Fitri.

Rully menjelaskan melalui program Booking Berkah Ramadhan dengan tagline siapkan, sediakan, dan salurkan, itu IZI menyediakan berbagai pilihan booking paket Ramadan.

“Paket Ramadan untuk keluarga duafa, program Booking Dai Ramadhan, paket Berbuka Puasa hingga Paket Zakat Fitrah. Kesemua program tersebut dapat dibooking mulai saat ini." tegasnya.

Sementara itu Manajer Pendayagunaan IZI, Haryono, mengatakan program Booking Berkah Ramadhan menyasar duafa antara lain di wilayah Sorong Papua Barat, Nunukan Kalimantan Utara, Singkawang Kalimantan Barat, Kalibaru Jakarta Utara dan Bantar Gebang Bekasi. 

"Dari seluruh 21 titik yang telah kami survei, terdapat 73.200 lebih kaum dhuafa yang perlu dibantu. Melalui program ini kami berharap bisa menghimpun dan menyalurkan ZIS hingga akhir Ramadan sebesar Rp35 miliar," ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan jumlah penduduk Indonesia sebanyak 250 juta jiwa, sebagian besar memeluk agama Islam, sehingga memungkinkan untuk membantu masyarakat nonmuslim di daerah pedalaman.

Tag : zakat, Ramadan
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top