Turnbull Undang Jokowi Makan Malam Pribadi

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk makan malam pribadi/privat sebelum menghadiri Asean-Australia Special Summit 2018 di Sydney.
Newswire | 16 Maret 2018 11:36 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) disaksikan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull berbicara saat konferensi pers, di Sydney, Australia, Minggu (26/2). - REUTERS/Jason Reed

Kabar24.com, SYDNEY - Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk makan malam pribadi/privat sebelum menghadiri Asean-Australia Special Summit 2018 di Sydney.

"Insya Allah Presiden akan tiba malam ini dengan rombongan dan ada acara dengan Perdana Menteri (Australia) dan akan melakukan acara privat yaitu makan malam dengan perdana menteri di kediaman, ini menunjukkan kedekatan dengan PM Australia," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Sydney, Australia, Jumat (16/3/2018),demikian laporan Antara dari Sydney.

Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo Jumat pagi sekitar pukul 07.15 WIB menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia 1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

"Keesokan harinya, sudah mulai acara sampingan KTT. Presiden ada acara dengan pelajar Indonesia-Australia, ada kesempatan PM dan Presiden bertemu sebentar, lalu acara bilateral Indonesia-Australia, kemudian Presiden dan PM Australia akan memberi 'remarks' (sambutan) di CEO Forum, jadi yang bicara pada tingkat 'leaders' di CEO forum hanya PM Australia dan Presiden RI," tambah Retno.

Agenda selanjutnya adalah penerimaan para pemimpin Asean satu per satu oleh PM Australia dan bertemu dengan para penerima beasiswa New Colombo Plan.

"Ada sekitar 45 menit bertemu 'leaders' Asean, acara dilanjutkan dengan 'counter terrorism' Asean, Indonesia mengirimkan delegasi cukup kuat termasuk BNPT dan malamnya 'welcoming dinner' dari KTT Asean-Australia," ungkap Retno.

Asean-Australia Special Summit 2018 diagendakan membahas dua bidang prioritas yaitu ekonomi dan pertahanan.

Dari sisi ekonomi, dibahas mengenai perdagangan dan investasi sedangkan dari sisi keamanan membicarakan mengenai keamanan maritim, "human trafficking", kejahatan lintas negara, kejahatan siber dan penanggulangan terorisme.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Sydney, Australia adalah Menteri/ Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

Para kepala negara dan pemerintahan yang dijadwalkan hadir adalah Presiden Joko Widodo, Perdana Menteri Australia Malcom Turnbull, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-ocha, pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith, Perdana Menteri Kamboja Hunsen Selain para pemimpin negara, dalam Asean-Australia Special Summit di International Convention Centre itu juga dihadiri para menteri, CEO dan pelaku usaha kecil dan menengah dari Australia dan Asean.

Sumber : Antara

Tag : asean, jokowi
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top