Dubes AS: Jateng Potensial untuk Kembangkan Bisnis dan Pariwisata

Jateng sangat menarik bagi investor luar negeri khususnya Amerika Serikat. Peluang-peluang bisnis di Jateng amat banyak yang belum tergarap secara maksimal.
Alif Nazzala Rizqi | 22 Februari 2018 18:23 WIB
Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia, Joseph R. Donovan Jr saat mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong. - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, SEMARANG - Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Joseph R. Donovan Jr melakukan kunjungan ke Kota Semarang guna melihat dan mendorong berbagai potensi kerjasama yang dapat dioptimalkan.

Dalam kunjungannya, Dubes Donovan menyampaikan Provinsi Jawa Tengah terutama Kota Semarang bisa menjadi daerah potensial untuk mengembangkan bisnis.

"Semalam saya bertemu dengan para petinggi Kamar Dagang dan Industri Indonesia [Kadin] Jateng membahas beberapa potensi ekonomi dan pariwisata untuk dikembangkan dengan bantuan Amerika Serikat," ucap Donovan, Kamis (22/2/2018).

Jateng sangat menarik bagi investor luar negeri khususnya Amerika Serikat. Peluang-peluang bisnis di Jateng amat banyak yang belum tergarap secara maksimal.

Untuk itu, Amerika Serikat membutuhkan bantuan dari Kadin Jateng dalam memetakan daerah yang potensial untuk mendirikan perusahaan.

"Setelah berbincang dengan Kadin Jateng kami minta mereka memberitahu dan menawarkan daerah mana saja yang menarik untuk didirikan suatu pabrik. Sehingga dapat mengembangkan perekonomian masyarakat yang tinggal pada daerah tersebut," katanya.

Sementara itu, kata Donovan, Kota Semarang memiliki potensi yang kuat dalam bidang pariwisata. Dia menyoroti kota Lama yang telah dikemas menarik oleh Pemkot Semarang.

"Saya rasa, Kota Lama sangat menarik dan pemerintah Semarang telah melakukan banyak hal untuk membangunnya. Salah satunya adalah dengan menggelar festival di sana," tambahnya.

Disinggung soal upaya mendatangkan turis Amerika, Donovan mengungkapkan masih berusaha mempromosikan wisata Semarang.

Saat ini, Donovan lebih berkonsentrasi pada pembelajaran budaya di Kota Semarang. Alih-alih mendatangkan turis, Donovan mengaku lebih tertarik pada upaya peningkatan pertukaran pelajar Amerika-Semarang.

"Mungkin nanti seiring berjalan waktu, ada ide-ide muncul. Mungkin sementara sedang berupaya meningkatkan pertukaran pelajar dan masyarakatnya," ujar Donovan.

Saat mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong Semarang, Dubes Donovan menyatakan kekagumannya. Sebelum mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong, Donovan dan rombongan mengunjungi beberapa tempat lainnya seperti Kampung Pelangi dan Kawasan Kota Lama.

"Ini adalah kunjungan pertama saya di Semarang dan Jawa Tengah. Saya rasa kunjungan ini baik sekali. Tempat wisatanya juga menarik," ucapnya.

 

Tag : jateng, semarang
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top