Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Putra Pendiri Toyota Tatsuro Toyoda Meninggal Dunia

Mantan pemimpin Toyota Motor Corp Tatsuro Toyoda, yang membuat perusahaan pembuat mobil Jepang itu menjadi kekuatan industri global pada awal 1990-an, telah meninggal dunia pada usia 88 tahun, kata perusahaan itu pada Sabtu (6/1/2018).
Mantan pemimpin Toyota Motor Corp Tatsuro Toyoda
Mantan pemimpin Toyota Motor Corp Tatsuro Toyoda

Kabar24.com, TOYOTA CITY - Mantan pemimpin Toyota Motor Corp Tatsuro Toyoda, yang membuat perusahaan pembuat mobil Jepang itu menjadi kekuatan industri global pada awal 1990-an, telah meninggal dunia pada usia 88 tahun, kata perusahaan itu pada Sabtu (6/1/2018).

Tatsuro, yang merupakan putra pendiri perusahaan Toyota Kiichiro Toyoda itu, menjalankan peran utama dalam melebarkan sayap Toyota ke dunia internasional selama tahun 1980-an dan 1990-an. Ia memimpin perusahaan tersebut dari 1992 hingga 1995 pada saat Toyota mempercepat ekspansi global.

Tatsuro adalah pemimpin pertama perusahaan New United Motor Manufacturing Ic, atau NUMMI, yang membangun pabrik di California pada pertengahan 1980-an.

NUMMI merupakan perusahaan patungan bersama saingannya yang berpusat di Detroit, General Motors Co. Perusahaan patungan itu menunjukkan bahwa sistem produksi sangat efisien yang dimiliki Toyota bisa diterapkan pada budaya operasi di luar markas utamanya di Jepang.

NUMMI membuka jalan bagi investasi lebih lanjut Toyota di pabrik-pabrik perakitan dan komponen milik perusahaan tersebut di AS.

Toyota saat ini memiliki 10 pabrik yang beroperasi di Amerika Serikat.

Toyoda mundur dari jabatan sebagai pemimpin perusahaan pada 1995.

Toyota mengatakan dalam pernyataan singkat bahwa Toyoda wafat pada 30 Desember karena mengidap penyakit radang paru-paru. Ia meninggalkan istri bernama Ayako Toyoda, demikian Reuters melaporkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper