Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilgub Jatim 2018: PAN dan Gerindra Usung Yenny Wahid?

Pilgub Jatim 2018: PAN dan Gerindra Usung Yenny Wahid?
Yenny Wahid/Antara
Yenny Wahid/Antara

Kabar24.com, JAKARTA—Nama Yenny Wahid mulai diwacanakan untuk diusung oleh PAN dan Partai Gerindra di Pilgub Jatim setelah Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengatakan pihaknya siap mengusung putri Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu.

Yandri menegaskan kalau Yenny benar-benar ingin maju sebagai kandidat gubernur maka pihaknya siap untuk mendorongnya. Sebelumnya, nama Yenny Wahid tengah dipertimbangkan Partai Gerindra untuk diusung menjadi poros baru dalam pemilihan Gubernur Jawa Timur.

Nama Yenny menjadi salah satu tokoh yang dibahas Gerindra di selain Anggota DPR Fraksi Gerindra, Moreno Suprapto, dan Bupati Bojonegoro Suyoto.

Yenny sebelumnya mengunggah foto pertemuan Prabowo dan dirinya lewat akun Twitter dan Instagram pribadinya. Pada saat berkampanye Pemilihan Presiden 2014, Prabowo juga beberapa kali menggandeng Yenny Wahid. ‎

Sementara itu, Ketua DPP PKS Sigit Sosiantomo mengatakan, pihaknya membuka peluang kembali membangun koalisi dengan Partai Gerindra dalam pemilihan gubernur Jawa Timur.

Namun, kata Sigit, koalisi itu dapat dibangun jika Partai Gerindra mendorong sosok calon Gubernur Jawa Timur yang lebih menarik. Saat ini, PKS mendukung pasangan Syaifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas.

Dia menegaskan bahwa hingga saat ini partainya masih mendukung duet Gus Ipul dan Abdullah Azwar Anas. Tetapi, jika DPP PKS melakukan perubahan dukungan dia menyatakan siap menerima keputusan itu.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan pihaknya masih terus mencari nama yang cocok untuk diusung dalam Pilgub Jawa Timur.

Salah satu di antara nama itu adalah Yenny Wahid. Dia pun menyatakan bahwa partainya belum memutuskan soal cagub Jatim termasuk juga soal koalisi dengan PAN dan PKS.

"Penjajakan dengan Yenny baru salah satu alternatif calon yang dipertimbangkan oleh Partai Gerindra," ujarnya.

Gerindra punya 13 kursi di DPRD Jatim dan PKS 6 kursi. Jika PAN yang memiliki tujuh kursi merapat maka koalisi itu mampu mengusung pasangan di luar poros Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Anas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper