Musim Panen, Harga Sayur dan Buah di Semarang Naik 100%

Memasuki musim panen, harga beberapa sayur dan buah-buahan di sejumlah pasar di Kota Semarang malah mengalami lonjakan. Kenaikan, bahkan mencapai 100% dari harga normal untuk jenis komoditi tertentu.
Alif Nazzala Rizqi | 21 Desember 2017 15:58 WIB
Sayur dan buah - dummies.com

Kabar24.com, SEMARANG - Memasuki musim panen, harga beberapa sayur dan buah-buahan di sejumlah pasar di Kota Semarang malah mengalami lonjakan. Kenaikan, bahkan mencapai 100% dari harga normal untuk jenis komoditi tertentu.

Dari pantauan Bisnis.com di Pasar Tradisional Peterongan, Kamis (21/12/2017), harga sayur jenis tomat meningkat dari Rp8.000 menjadi Rp15.000 per kilogramnya. Sedangkan untuk wortel, kini dijual Rp12.000 dari yang sebelumnya hanya Rp10.000 per kilogram.

"Sebelum Desember ini, sebernarnya harga masih normal-normal saja. Tapi sekarang, rata-rata sayur itu sudah naik semua," ujar Yana, salah satu pedagang di Pasar Peterongan, Semarang, Kamis.

Selain dua jenis sayur di atas, Yana menyebutkan bahwa kenaikan harga paling tinggi terjadi pada cabai merah. Ia bahkan mengaku menjual barang dagangannya dua kali lipat dari harga normal sekarang.

"Cabai merah untuk per kilogramnya sekarang mencapai Rp40.000. Sebelumnya hanya Rp20.000 saja," jelasnya. Meski demikian, untuk bawang putih dan bawang merah, menurutnya harganya masih stabil yakni Rp22.000 dan Rp20.000 per kilogram.

Kondisi serupa juga dialami oleh Hastri, pedagang sayur dan buah di Pasar Banteng, Semarang. Ia menjelaskan bahwa kenaikan harga-harga di atas terjadi karena jumlah permintaan yang tinggi jelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Padahal, hasil produksi sendiri sedang mengalami penurunan akibat adanya musim penghujan di seluruh wilayah pemasok, seperti Bandungan dan Temanggung.

Kenaikan harga karena minimnya jumlah pasokan juga berdampak pada buah-buahan seperti jeruk dan pisang. Menurutnya banyak masyarakat yang enggan membeli dagangannya karena harganya yang melambung tinggi.

"Jeruk yang naiknya cukup tinggi. Dulu sebelum memasuki akhir tahun hanya Rp10.000 sekarang mencapai Rp15.000 per kilogram. Kalau untuk pisang hanya mengalami kenaikan Rp2.000 menjadi Rp10.000," imbuhnya.

Sementara itu, baik di Pasar Peterongan maupun Pasar Banteng, harga daging sapi masih terpantau belum mengalami kenaikan yang signifikan, yakni masih pada Rp103.00 per kilogramnya. Begitu juga dengan harga daging daging ayam yang masih pada kisaran Rp30.000 per kilogramnya.

Tag : sayur dan buah
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top