Penghubung Water Front City Alun Kapuas Ditarget Beroperasi 2019

Pemkot Pontianak menargetkan jembatan penghubung water front city dari Alun Kapuas dengan turap hingga ke Kapuas Indah bisa digunakan masyarakat pada 2019 nanti.
Yanuarius Viodeogo | 16 Desember 2017 11:48 WIB

Kabar24.com, PONTIANAK – Pemkot Pontianak menargetkan jembatan penghubung water front city dari Alun Kapuas dengan turap hingga ke Kapuas Indah bisa digunakan masyarakat pada 2019 nanti. 

Dari pantauan Bisnis, jembatan tersebut sedang dalam tahap pengerjaan. Wali Kota Pontianak Sutarmidji mengutarakan, turap beton itu nantinya total memiliki panjang 3 Kilometer (Km). 

“Kalau bolak/balik kan sepanjang 6 Km. Nanti dari sini (water front) dilanjutkan ke Seng Hie-Benua Melayu Laut dan ke Kapuas Indah. Dengan adanya turap ini masyarakat bisa melihat langsung keindahan dan aktivitas sungai Kapuas,” kata Sutarmidji kepada Bisnis, Jumat (16/12/2017).

Dia mengatakan, sungai Kapuas memiliki beragam aktivitas seperti pelayanan dan arus lalu lintas masyarakat di sekitarnya yang berbeda dengan sungai-sungai lainnya di sejumlah negara. 

Adapun dia menyebutkan, anggaran pembangunan jembatan penghubung hingga turap ke Kapuas Indah menggunakan dana APBN senilai Rp51 miliar.

Sutarmidji berharap di seberang khususnya Pontianak Utara dibangun turap serupa seperti harapan Menteri Pariwisata sebelumnya Andrinof Chaniago yang ingin mewujudkan Kota Pontianak memiliki ikon sungai kapuas yang bersih dan tertata rapi. 

Keterangan: Wali Kota Pontianak Sutarmidji dan Kepala Bank Indonesia Kalbar saat berada di jembatan penghubung water front city, baru-baru ini. Jibi/Yanuarius Viodeogo 
 

Tag : kapuas
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top